News

Cak Imin Diledek Gibran soal SGIE: Mohon Maaf kalau Pertanyaannya Susah


Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sempat bingung atas pertanyaan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Mulanya, Gibran menanyakan menganai langkah Cak Imin untuk menaikan peringkat Indoenesia di SGIE.

“Karena Gus Muhaimin ini adalah Ketum PKB saya yakini sekali Gus Muhaimin paham maslaah ini bagaimana langkah Gus mlMuhaimin untuk menaikan peringkat Indoensia di SGIE,” ujar Gibran saat debat di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Merepon hal tersebut, cak Imin kemudian mengatakan bahwa dirinya tak mengerti pertanyaan dari Gibran. “Terus terang saya enggak tahu SGIE itu apa?,” kata Cak Imin. Kemudian, para relawan pun bersorak.

Cak Imin lantas bertanya lebih dalam mengenai pertanyaan Gibran. Gibran kemudian menjelaskan secara jelas maksud dari pertanyaannya. “Enggak apa-apa karena saya tidak pernah mendengar istilah SGIE,” ucap Cak Imin.

“Gus kita kan sedang fokus mengembangan ekonomi syariah, keuangan syariah otomatos kita harus ngerti juga masakah SGIE. SGIE itu adalah State of the Global Islamic Economy,” kata Gibran.

“Misalnya yang sudah masuk peringkat 10 besar adalah makanan kita halal, skincare halal, fashion kita, nah itu yang saya maksud SGIE. Ya mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya Gus,” papar Gibran sambil melemparkan tawa.

Sebagai informasi, KPU menggelar debat kedua untuk cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD pada Jumat (22/12/2023) di JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

Debat kedua ini mengambil tema Ekonomi (Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan Perkotaan.

Tak banyak berubah, format debat kali ini sama dengan sebelumnya yakni 120 menit dan dibagi kepada enam segmen. Segmen pertama adalah pembukaan, pembacaan tata tertib dan penyampaian visi, misi, dan program kerja. Dilanjut segmen kedua berupa pendalaman visi, misi, dan program kerja.

Setelah itu, memasuki segmen ketiga yakni mencakup pendalaman visi, misi, dan program kerja oleh Moderator. Segmen keempat dan kelima berisi tanya jawab dan sanggahan dan terakhir yaitu penutup.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button