News

Belum Perbaharui LHKPN, Hadi Tjahjanto Punya Harta Rp22,8 Miliar pada 2023


Marsekal (Purn) TNI Hadi Tjahjanto resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD. Saat menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 22,8 miliar (22.884.574.594).

Total harta kekayaan ini, dihimpun dari laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHPKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang Hadi laporkan pada 27 maret 2023 untuk periodik tahun 2022.

Ditelisik lebih jauh, Hadi memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 6,97 miliar. Dengan rincian, dua tanah di Kota Malang dengan total Rp 220 juta. Serta tanah dan bangunan, di Kota Malang seharga Rp 4 miliar dan di Kota Jakarta Timur Rp 2 miliar.

Mantan panglima TNI ini, juga memiliki kendaraan pribadi  seharga Rp 486,4 juta. Diantaranya, Mobil Toyota Kijang Minibus Rp 85 juta, Mobil Kijang Innova Rp 245 juta, dan Mobil Honda CR-V Jeep  Rp 154 juta. Serta, motor merek Honda seharga Rp 2,4 juta.

Selain itu, Mantan KSAU ini juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 1,9 miliar, surat berharga senilai Rp 3 miliar dan kas Rp 10,4 miliar.

Pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam oleh Presiden Jokowi berlangsung di Istana Negara, Rabu (21/2/2024) pagi. Jokowi juga melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai  Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang menggantikan posisi  Hadi.

“Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan 2019-2024. Saya akan bertanya kepada saudara, bersediakah saudara untuk diambil sumpah?” ujar Jokowi meminta Hadi bersedia disumpah sebelum dilantik.

“Bersedia,” jawab Hadi dan AHY.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button