Arena

Rubio Akhiri 12 Tahun Karir di NBA! Kesehatan Mental Jadi Alasannya


Bintang basket Spanyol Ricky Rubio mengumumkan pensiun dari NBA setelah berkarir selama 12 tahun dan memainkan 698 laga.

“Saya ingin mengirimkan pesan ini untuk Anda hari ini karena karir NBA saya telah berakhir,” kata Rubio, dikutip dari laman resmi Olimpiade, Minggu (7/1/2024).

Sebelum musim NBA saat ini, Rubio memutuskan untuk mengambil cuti dari pertandingan untuk menjaga kesehatan mentalnya, sesuatu yang juga ia sebutkan dalam pengumumannya.

“Tanggal 30 Juli adalah salah satu malam terberat dalam hidup saya. Pikiran saya melayang ke suatu tempat yang gelap. Saya tahu saya sedang menuju ke arah itu (gangguan kesehatan mental), tapi saya tidak pernah berpikir saya tidak bisa mengendalikan situasi. Keesokan harinya, saya memutuskan untuk menghentikan karir profesional saya,” ungkap Rubio.

Pemain berusia 33 tahun itu mengatakan dirinya akan membagikan cerita lengkap terkait situasi tersebut ketika waktunya sudah tepat.”Sehingga kita bisa saling membantu dan mendukung orang lain dengan situasi serupa. Namun, saat ini, saya masih ingin menyimpannya sendiri dulu. Saya masih ingin menjaga kesehatan mental saya. Tapi, saya bangga untuk memberi tahu kalian semua bahwa saya menjadi jauh lebih baik setiap harinya,” ungkapnya.

Rubio memulai basket profesional sejak usia 14 tahun dan jadi pemain termuda di liga bola basket Spanyol ACB. Debut di EuroLeague tak lama setelah itu, dan kembali menjadi pemain termuda di liga tersebut.

Penampilannya yang memukau membuat Rubio masuk ke dalam skuad tim nasional Spanyol pada Olimpiade 2008 Beijing di usianya yang masih 17 tahun, dan membawa pulang medali perak.

Selain itu, ia juga membantu Spanyol meraih perunggu di Olimpiade 2016 Rio dan dinobatkan sebagai MVP ketika Spanyol merebut gelar juara Piala Dunia FIBA 2019. Ia juga memenangkan dua gelar EuroBasket bersama La Roja.

Karirnya di Amerika Serikat pun dimulai saat ia direkrut oleh Minnesota Timberwolves pada 2009, dan membela tim pada periode 2011-2017 dan 2020-2021.

Rubio juga pernah masuk ke dalam skuad Utah Jazz, Phoenix Suns, dan ia terakhir membela tim Cleveland Cavaliers di NBA sebagai point guard (2021-2024).

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button