Ototekno

Indosat Tingkatkan 32 Persen Kapasitas Jaringan Hadapi Lebaran 2024


Sebagai bagian upaya menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) baru saja mengumumkan peningkatan signifikan pada kapasitas jaringannya. Persiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik data selama periode Lebaran, di mana IOH meningkatkan kapasitas jaringannya sebesar 32% lebih besar dibandingkan kapasitas harian biasa. 

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen IOH dalam menyediakan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’, menjamin kelancaran komunikasi para pelanggan selama momen mudik dan berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Menurut President Director dan CEO IOH, Vikram Sinha, optimasi jaringan ini merupakan bagian dari upaya perseroan dalam memastikan pengalaman pengguna yang tak terganggu selama periode Lebaran. 

“Kami memahami bahwa komunikasi dan konektivitas merupakan aspek penting dari perayaan Idulfitri. Oleh karena itu, kami telah proaktif dalam mempersiapkan jaringan kami untuk menghadapi peningkatan kebutuhan akan layanan digital,” ujar Vikram dalam Silaturahmi Ramadan bersama Manajemen IOH, Rabu (3/4/2024).

Berdasarkan data mobilitas, diperkirakan arus mudik tahun ini akan mencakup 71,7% dari total penduduk Indonesia, yang berpotensi meningkatkan trafik data Indosat sekitar 17% dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang tahun 2024. 

Area dengan prediksi lonjakan trafik terbesar mencakup Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung, dengan aktivitas digital seperti penggunaan media sosial dan aplikasi pesan instan hingga permainan online menjadi pemicu utama.

post-cover
Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison. (Foto: IOH)

Untuk menanggulangi potensi kepadatan lalu lintas data ini, IOH tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan tetapi juga menambahkan 2.145 situs baru dan 38 unit mobile BTS (MBTS). Tambahan infrastruktur ini didukung oleh jaringan fiber optik yang mencakup lebih dari 51 ribu kilometer serta akses metro fiber optic yang luas, guna memperkuat kualitas sinyal di lokasi-lokasi strategis.

Selain itu, IOH telah melakukan optimalisasi pada jaringan di berbagai jalur kritis termasuk sepuluh jalur kereta api, 26 jalan tol seperti Trans Jawa dan Trans Kalimantan, serta 28 jalan non-tol yang mencakup rute penting seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita. 

Penambahan ini dirancang untuk memastikan bahwa pelanggan dapat menikmati konektivitas yang lancar, tidak hanya selama perjalanan mudik tetapi juga di berbagai lokasi prioritas seperti pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, dan area wisata.

Kesiapan IOH dalam menghadapi Lebaran 1445 H juga melibatkan persiapan tim teknis yang berjumlah lebih dari dua ribu orang dan operasional 24 jam dari Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC). Kedua unit ini diperkuat dengan teknologi berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi, siap mengatasi setiap potensi gangguan jaringan dan memastikan komunikasi pelanggan tetap lancar selama periode Lebaran.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button