Viral

China Tak Segan Tindak Taiwan Jika Terobos ‘Garis Merah’

Pemerintah China memberi peringatan keras kepada Taiwan jika masih ngotot memperjuangkan kemerdekaannya di tengah situasi yang terus memanas.

Mengutip lama Traits Times, Rabu (29/12/2021), Pemerintah China memberi ultimatum agar Taiwan mengubur mimpinya untuk merdeka.

“Jika pasukan separatis di Taiwan yang mencari kemerdekaan memprovokasi, mengerahkan kekuatan atau bahkan menerobos garis merah, kami harus mengambil tindakan drastis,” kata juru bicara Kantor Urusan Taiwan China Ma Xiaoguang.

China bersedia untuk mencoba yang terbaik untuk mencapai reunfikasi damai dengan Taiwan. Namun Beijing tak segan bertindak jika ada ‘garis merah’ kemerdekaan yang dilanggar.

Dia menyebut, provokasi kelompok pro-kemerdekaan dan intervensi asing dapat meningkat tajam serta lebih intens dalam beberapa bulan mendatang. “Tahun depan, situasi Selat Taiwan akan menjadi lebih kompleks dan parah,” ujarnya.

Taiwan sudah berulang kali menyatakan bahwa ia adalah negara merdeka dengan nama Republik China. Taiwan selalu menyebut bahwa China tidak pernah memerintahnya dan tidak berhak berbicara atas namanya. Namun sebaliknya, China mengklaim Taiwan sebagai bagian yang tak terpisah dari teritorialnya. Hal itu membuat hubungan kedua belah pihak terus mengalami ketegangan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button