News

Debat Kedua Diyakini Lebih Seru, Timnas AMIN Klaim Ada Kejutan dari Cak Imin


Juru bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Billy David Nerutumelina menilai cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka akan mendapat sorotan saat debat kedua Pilpres 204, pada Jumat (22/12/2023).

“Dinamika waktu debat pertama itu juga bikin orang makin antusias mengikuti debat, apalagi ketika debat cawapres besok tuh. Ada Gus Imin apalagi saya rasa highlight-nya akan ke Mas Gibran, (Gibran) yang akan mendapat banyak (sorotan). Saya rasa publik akan menantikan debat yang kedua ini,” kata dia di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Billy juga memprediksi antusiasme masyarakat pada debat cawapres nanti akan melebihi debat perdana capres. “Clue-nya tentu akan ada kejutan, khususnya dari Gus Imin ya karena besok ajangnya para cawapres dan (apalagi) kalau kita melihat dinamika sejauh sebelum debat presiden itu kan,” tuturnya

Bahkan, Billy optimis pihaknya akan unggul pada debat cawapres, mengingat tema yang akan dibawakan selara dengan kesiapan Cak Imin–sapaan Muhaimin–melalui forum adu gagasan bertajuk ‘Slepet Imin’.

“Jadi kita 100 persen siap menghadapi debat cawapres, dan besok juga persiapannya tidak hanya dilakukan oleh Gus Imin sendiri, tentu perlu sinkronisasi dengan capres dengan Pak Anies, perlu fokus waktu utk membahas keduanya. Perlu membahas secara tim ya di Timnas AMIN sendiri,” ucap dia

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan debat kedua Pilpres 2024, digelar di Jakarta Convention Center (JCC) kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari menyebut debat kedua tersebut merupakan sesi khusus untuk para calon wakil presiden (cawapres) yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

“Jadi pada debat yang kedua nanti itu akan dilaksanakan kampanye debat cawapres diselenggarakan pada tanggal 22 desember 2023 dan debat akan dimulai on air jam 19.00 WIB. Tempat penyelenggaraan direncanakan di JCC  di Jakarta,” ucap Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

Sama seperti sebelumnya, debat tersebut akan terbagi menjadi 6 segmen dan berlangsung selama 150 menit dibagi untuk iklan selama 30 menit. Hasyim juga menegaskan bahwa masing-masing paslon hanya boleh membawa maksimal 75 pendukung pada debat cawapres nanti.

Sekadar informasi,  debat capres-cawapres akan digelar sebanyak lima kali dalam masa kampanye pemilu. Sebelumnya, KPU telah menggelar debat pertama untuk capres pada Selasa (12/12/2023) lalu. Adapun tema debat capres-cawapres yang telah ditetapkan oleh KPU sebagai berikut:

Debat pertama: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan korupsi, Penguatan demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga. (Porsi capres)

Debat kedua: Ekonomi (Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan Perkotaan. (Porsi cawapres).

Debat ketiga: Pertahanan , Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik. (Porsi capres).

Debat keempat: Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. (Porsi cawapres).

Debat kelima: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan Inklusi. (Porsi capres).

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button