News

Isu Rakernas Apeksi Arahan Jokowi, Kewaspadaan Pemda Jadi Sorotan

Wali Kota Depok, Jawa Barat, Mohammad Idris menyebutkan isu-isu nasional yang dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023 di Kota Makassar, Sulsel, merupakan arahan dari Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro, di antaranya terkait pengendalian inflasi.

“Pertama terkait masalah kewaspadaan dari pemerintah daerah dalam hal ini wali kota terhadap tingkat inflasi khususnya daerah produsen, jangan sampai jatuh ke deflasi. Isu dan arahan kedua yang dibahas adalah penguatan persahabatan dan kebersamaan antara peserta Rakernas Apeksi,” kata Idris dalam keterangannya diterima di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Idris yang menghadiri Rakernas Apeksi XVI di Upper Hills Convention Hall di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang berlangsung pada 10 – 14 Juli 2023, juga menyinggung soal situasi dan kondisi terkini terkait pemilihan umum (pemilu).

Terlebih di tahun politik ini persaingan begitu ketat, dan pada 2024, sebagian besar kepala daerah atau wali kota yang tergabung dalam Apeksi akan purnatugas.

“Hanya sembilan kota yang masih terus sampai 2026, termasuk Kota Depok yang masih berlanjut sampai 2026,” jelas Idris.

Ketua Apeksi Bima Arya menyebutkan rakernas bukan hanya sekadar seremonial, namun akan banyak muncul substansi penting yang dibahas.

Pertama, Apeksi konsisten mengawal otonomi. Kedua, optimistis menuju Indonesia Emas 2045. Ketiga, semangat politik pembangunan yang terkoordinasi dengan baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Kami berharap pertemuan ini dapat mendorong terwujudnya pembangunan kota yang bermanfaat langsung bagi masyarakat,” ujar Bima Arya.

“Sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang maju dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan,” kata Wali Kota Bogor ini.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button