News

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pulau Morotai, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik dengan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Pulau Morotai, Maluku Utara, Jumat sore (30/6/2023).

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,60° lintang utara dan 127,94° bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 148 km arah utara Kota Daruba, Maluku Utara pada kedalaman 85 km.

Mungkin anda suka

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah akibat adanya deformasi dalam Lempeng Laut Maluku,” kata Daryono..

Ia menjelaskan, hasil analisa mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi yang berlangsung pukul pukul 17.29 WIT memiliki mekanisme pergerakan turun.

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Morotai Jaya, Morotai Selatan Barat, dan Loloda Kepulauan dengan Skala intensitas yaitu II MMI. Artinya,getaran dirasakan oleh beberapa orang dam benda-benda ringan yang digantung turut bergoyang).

Sejauh ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Daryono menambahkan, hingga 17.52 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat diimbau agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Tak lupa, Daryono juga mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button