News

Tiru Jokowi, Ganjar Ikutan Baca Dedication of Life Bung Karno

Calon presiden PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo membacakan Dedication of Life Ir. Soekarno yang merupakan surat atau wasiat dengan maksud mengajak rakyat melakukan pengabdian kepada Tuhan, tanah air dan kepada bangsa. Pembacaan wasiat tersebut seketika membuat suasana Stadion Gelora Bung Karno (GBK) menjadi hening dan khidmat.

Pembacaan surat wasiat Bung Karno tersebut dibacakan oleh Ganjar melalui mimbar utama GBK. Saat pembacaan Dedication of Life, suasana Gelora Bung Karno yang sebelumnya terdengar suara gemuruh dari ratusan ribu kader PDIP, seketika hening. Mereka meresapi tiap kata Dedication of Life yang dibacakan Ganjar.

Pembacaan dedication of life Bung Karno merupakan sesuatu yang bersifat sakral bagi ruang lingkup PDIP. Pembacaan ini diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta serta pembacaan Pancasila.

Sepuluh tahun lalu, Jokowi juga pernah membacakan dedication of life Bung Karno. Ketika itu Jokowi yang masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, digadang-gadang bakal menjadi calon presiden dari PDI-P pada Pemilihan Presiden 2014. Kini Ganjar meniru hal itu sebagai calon Presiden PDIP di Pilpres 2024.

Berikut merupakan isi Dedication of Life yang ditulis Soekarno pada 10 September 1966.

Saya adalah manusia biasa. Saya des tidak sempurna. Sebagai manusia biasa, saya tidak luput dari kekurangan dan kesalahan.

Hanya kebahagiaanku ialah dalam mengabdi kepada Tuhan, kepada Tanah Air, kepada bangsa.

Itulah dedication of life-ku

Djiwa pengabdian inilah yang menjadi falsafah hidupku, dan menghikmati serta mendjadi bekal-hidup dalam seluruh gerak hidupku.

Tanpa djiwa pengabdian ini saja bukan apa-apa. Akan tetapi dengan djiwa pengabdian ini, saja merasakan hidupku bahagia,- dan manfaat.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button