News

Gunung Semeru Erupsi, Awan Panas Membumbung Setinggi Satu Kilometer


Gunung Semeru, Jawa Timur erupsi pada Senin (25/12/2023) pagi, memuntahkan awan panas setinggi 1.000 meter dari atas puncaknya. Kini gunung berada pada status Level III (Siaga).

Erupsi terjadi pada pukul 05.12 WIB. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Diperkirakan awan panas memiliki jarak luncur kl 3.000 meter ke arah tenggara.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi kurang lebih 4 menit 8 detik,” terang KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Semeru melalui keterangan tertulis dikutip Antara.

Masyarakat direkomendasikan tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi), serta tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan. Hal ini lantaran bisa berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

“Tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah atau puncak Gunung Api Semeru karena rawan lontaran batu (pijar). Waspada potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat,” bunyi keterangan tersebut.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button