Viral

Kalah Lagi Lawan Gladbach, Bayern Muenchen Meng-MU-kan Diri

Borussia Moenchengladbach sekali lagi membuktikan status mereka sebagai batu sandungan utama Bayern Muenchen ketika mengalahkan juara bertahan Liga Jerman itu dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-18 di Stadion Allianz Arena, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB). Skor ini disebut Warganet sebagai status Manchester United yang menimpa kekalahan yang mirip dengan Bayern ini.

Sempat tertinggal akibat gol Robert Lewandowski, Gladbach membalikkan keadaan melalui gol-gol Florian Neuhaus dan Stefan Lainer.

Kendati Bayern kemudian mendominasi lebih dari 61 persen penguasaan bola, Gladbach sukses mempertahankan skor 2-1 yang mereka miliki hingga peluit bubaran.

Gettyimages 1363333943 612x612 - inilah.com

Ini jadi kali kedua Gladbach mengalahkan Bayern Muenchen musim ini, setelah mereka menyingkirkan FC Hollywood dari putaran kedua Piala DFB Pokal pada Oktober lalu.

Joshua Kimmich akhirnya kembali merumput setelah pulih dari COVID-19 yang membuatnya harus menepi hingga akhir tahun 2021, tetapi Bayern kehilangan sejumlah nama yang positif virus tersebut seperti Manuel Neuer, Kingsley Coman, Leroy Sane dan Dayot Upamecano.

Badai COVID-19 itu awalnya tampak tidak akan mempengaruhi permainan Bayern yang mampu menekan sejak awal laga dan membuka keunggulan pada menit ke-18 melalui gol Lewandowski.

Menerima umpan dari Thomas Mueller di dalam kotak penalti, Lewandowski mengecoh bek Gladbach yang mengawalnya sebelum melepaskan tembakan keras yang tak memberi kesempatan kiper Yann Sommer melakukan penyelamatan.

Jalannya pertandingan

Bayern melanjutkan penampilan dominan, tetapi keunggulan mereka raib pada menit ke-27 setelah gagal mengantisipasi umpan silang tim tamu dan bola sapuan buruk Kimmich disambar oleh Neuhaus untuk menaklukkan kiper Sven Ulreich dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Gol itu seperti melecut semangat para pemain Gladbach yang empat menit kemudian sukses membalikkan keadaan melalui gol Lainer.

Para pemain Bayern seperti tertidur mengantisipasi situasi sepak pojok kiriman Luca Netz dan Lainer menyundul bola di area tiang dekat untuk membawa Gladbach berbalik unggul 2-1 atas tuan rumah.

Gladbach bahkan nyaris menambah keunggulan mereka semenit jelang turun minum bila saja Ulreich tak mementahkan tembakan keras Breel Embolo ke atas mistar gawang.

Gettyimages 1363326979 612x612 - inilah.com

Sebaliknya, Gladbach juga adanya keberuntungan saat sepakan melengkung Lewandowski dalam injury time babak pertama berakhir membentur tiang gawang dan Matthias Ginter sigap menghalau upaya Mueller menyambar bola muntah.

Pertandingan babak kedua kemudian adanya insiden kegagalan demi kegagalan Bayern memanfaatkan peluang mereka untuk bangkit menyamakan kedudukan, termasuk kali kedua tiang gawang mencegah Lewandowski mencetak gol pada menit ke-61.

Gladbach hampir membunuh pertandingan lebih awal pada menit ke-84 melalui tembakan Alassane Plea, tetapi Ulreich mampu menghalu bola dengan kakinya. Pun demikian, kegagalan itu tak harus langsung balas oleh Gladbach sebab mereka tetap menjaga skor 2-1 hingga bubaran demi membawa pulang tiga poin penuh dari Allianz Arena.

Walaupun kalah, Bayern masih bercokol di puncak klasemen Liga Jerman dengan koleksi 43 poin, unggul sembilan poin dari Borussia Dortmund yang baru bertanding Sabtu malam nanti.

Sedangkan Gladbach yang memetik kemenangan pertama mereka dalam enam laga terakhir melompat naik ke peringkat ke-11 dengan 22 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Selanjutnya pada Sabtu (15/1) pekan depan, Bayern akan bertandang ke markas FC Cologne sementara Gladbach bakal menjamu Bayer Leverkusen di Borussia Park.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button