News

KA Kertajaya dan Brawijaya Delay Imbas Tabrakan Kereta Brantas Vs Truk Trailer di Semarang

Sedikitnya dua kereta api (KA) tujuan wilayah Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mengalami keterlambatan setelah kejadian kecelakaan di Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (18/7/2023) malam.

Dua KA tersebut yakni KA Kertajaya relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi terlambat 83 menit, dan KA Brawijaya relasi Gambir-Malang terlambat 61 menit.

“Hal ini mengharuskan petugas untuk melakukan evakuasi kendaraan, pengecekan jalur, dan memastikan bahwa jalur tersebut siap dilalui, baik arah Surabaya maupun Jakarta,” kata Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Rabu (19/7/2023).

Tabrakan antara Kereta Api Brantas dengan sebuah truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang, Selasa (18/7/2023) malam menyebabkan gangguan perlintasan kereta.

“Hasil kordinasi kami dengan petugas Daop 4 Semarang, disampaikan hingga pukul 22.00 WIB, para petugas di wilayah Daop 4 Semarang sedang berusaha menormalisasi jalur KA. Dan KA dengan tujuan Daop 8 Surabaya terdapat 2 KA yang mengalami keterlambatan kedatangan,” ujarnya.

Selain itu, manajemen KAI Daop 8 Surabaya, menyampaikan permohonan maaf atas timbulnya rasa tidak nyaman akibat kejadian di wilayah Daop 4 Semarang.

“Kami akan terus berkoordinasi dan menyampaikan informasi terbaru terkait perjalanan KA dari dan tujuan Surabaya,” katanya.

Luqman menjelaskan, setiap hari ada 11 KA Jarak Jauh yang melewati lokasi kejadian dengan kedatangan di Daop 8, yaitu Argo Anggrek relasi Gambir-Pasarturi, Sembrani relasi Gambir-Pasarturi, Pandalungan relasi Pasarsenen-Jember dan Jayabaya relasi Pasarsenen-Malang.

Kemudian, KA Harina relasi Bandung-Pasarturi, Gumarang relasi Pasarsenen-Pasarturi, Dharmawangsa relasi Pasar senen-Pasaeturi, Blambangan ekspres relasi Semarang-Banyuwangi, Kertajaya relasi Pasarsenen-Pasarturi, Brawijaya relasi Gambir Malang serta KA Matarmaja relasi Malang-Pasarsenen.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button