Market

Gunakan Sistem Pantau Tambang Canggih, Emiten Semen Pelat Merah Diapresiasi KPEI

Tak banyak industri semen yang mengaplikasikan sistem pemantauan tambang berbasis teknologi digital, Quarry Mining Command Center (QMCC) for Good Mining Practices Solution.

Salah satunya adalah pabrik semen Tuban, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero/SIG) Tbk. “Semangat Go Beyond Next mendorong SIG berinovasi dengan berbagai terobosan dan terus melampaui jangkauan guna menghadirkan solusi dan produk berkualitas, menciptakan keunggulan di aspek operasional, dan layanan profesional dengan teknologi berkelanjutan,” papar Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, Jakarta, Sabtu (23/9/2023).

Atas inovasi sistem pemantauan tambang berbasis QMCC for Good Mining Practices Solution ini, Semen Indonesia meraih penghargaan Anugerah Utama di ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2023. Penghargaan untuk kategori Proses Internal tersebut diserahkan Direktur PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), Umi Kulsum kepada SVP of Human Capital SIG, Sumarlan Wibawa di Mainhall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta.

Kata Vita, QMCC merupakan satu dari banyak inovasi di SIG untuk mendukung kelancaran operasi tambang yang memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

“Inovasi mutlak dilakukan untuk menjaga keberlanjutan bisnis Perusahaan di masa depan. Melalui inovasi, SIG berkomitmen menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional dengan menghadirkan produk dan layanan berkualitas, biaya kompetitif, cepat, dan tepat waktu pengiriman (Quality, Cost, Delivery/QCD),” kata Vita.

Sistem pemantauan tambang QMCC, kata dia, bekerja dengan menggunakan aplikasi monitoring terintegrasi berbasis digital. Seluruh informasi dari aplikasi pengawasan tersebut ditampilkan pada layar pusat kontrol dan dipantau oleh petugas yang bertindak sebagai komando operasional.

Dengan demikian, kehadiran inovasi QMCC ini membantu Perusahaan memastikan penerapan kaidah good mining practice dan budaya K3 dalam operasional tambang berjalan dengan baik.

“QMCC merupakan karya tim inovasi Department of Mining & Raw Material Pabrik SIG Tuban, Jawa Timur, yang telah meraih beragam penghargaan bergengsi,” papar Vita.

Inisiator QMCC yang juga Manager of Mining Operation SIG, M Ardy Zailani menyampaikan, penerapan QMCC membantu optimalisasi aktivitas pengawasan dan membuat operasional tambang menjadi lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pengawasan langsung yang membutuhkan banyak koordinasi dan waktu.

QMCC juga memastikan kebutuhan data lapangan terdistribusi secara aktual dan akurat sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga target cost dan quality dapat optimal,” kata Ardy.  

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button