Arena

Tiket Olimpiade Hampir Digenggam, Fajar/Rian Selektif Ikut Tur Eropa


Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dipastikan tidak mengikuti seluruh rangkaian turnamen tur Eropa yang mulai berlangsung pekan depan.

Hal itu disampaikan pelatih ganda putra Aryono Miranat atas dasar beberapa pertimbangan, termasuk ranking Fajar/Rian dalam perebutan tiket Olimpiade 2024 Paris.

Saat ini, duet jawara All England 2023 itu berada di urutan ke-8 dalam tabel race to Olympic dengan perolehan 74.199 poin.

Sementara dari kalender BWF ada enam gelaran penting Eropa yang masuk dalam perhitungan poin menuju Paris. Mulai dari German Open, French Open, Orleans Masters, All England Open, Swiss Open, Madrid Spain Masters, bahkan hingga Kejuaraan Asia Bulu Tangkis (perorangan).

“Untuk Fajar/Rian kita turunkan di turnamen Prancis dengan All England. Karena apa? Karena kalau pun dia ikut di Jerman atau Swiss, atau di Spain itu poinnya tidak akan merubah untuk Olimpiade-nya, karena kan poinnya terkecil dia tuh di 5000an lebih ya, jadi kalau pun itu tidak akan merubah,” kata Aryono kepada wartawan di Pelatnas PBSI Cipayung Jakarta Timur, Rabu (21/2/2024).

Aryono sendiri menargetkan Fajar/Rian dapt meraih hasil terbaik di France Open dan All England.

Ia berharap, pasangan yang sempat menduduki peringkat satu dunia itu bisa meraih poin maksimal atau melangkah minimal ke babak semifinal.

Hasil semifinal setidaknya mampu mengerek posisi Fajar/Rian di klasemen Race To Olympic dan melampaui perolehan poin ganda putra China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi yang menempati ranking 7 (74.458).

“Itu pun kalau merekanya. Poinnya sama ya, kalau udah delapan besar dia harus lebih final, jadi poinnya bisa lebih besar, jadi bisa melebihi. Jadi harus bisa melebihi si Liu/Ou, supaya bisa naik ke tujuh posisinya,” ungkap sosok yang akrab disapa Ko Ar.

Dalam aturan kualifikasi bulu tangkis di Olimpiade, untuk nomor ganda di masing-masing Komite Olimpiade Nasional (NOC) dapat mengirimkan maksimal dua wakil dengan catatan mereka berada di dalam 8 besar peringkat dunia BWF. Saat ini di ganda putra hanya Fajar/Rian yang bisa disebut memiliki posisi paling aman. 

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button