Arena

Cerita Indra Sjafri tentang Skuadnya Jelang Indonesia Vs Lebanon, Besok

cerita-indra-sjafri-tentang-skuadnya-jelang-indonesia-vs-lebanon,-besok

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengaku belum menemukan formulasi jitu untuk skuad yang akan diberangkatkan menuju SEA Games 2023 di Kamboja. Indra pun berharap beberapa rangkaian uji coba dapat menuntaskan masalah tersebut.

Mungkin anda suka

Sebelum menjamu Lebanon pada Jumat, (14/3/2023) besok, Timnas U-22 yang masih dalam status pemusatan latihan (TC) telah merampungkan uji tanding perdana melawan Bhayangkara FC. Hasilnya, kedua tim bermain imbang 1-1.

Tak lama setelah laga itu, Indra pun menemukan ada salah seorang pemain yang menurut dia tampil tak sesuai ekspektasi jika diuji dalam sebuah pertandingan. Padahal, kata Indra, pemain tersebut menunjukan performa gemilang selama rangkaian TC berlangsung.

“Saya hanya mendapat kesimpulan tentang kemampuan individu pemain (setelah laga melawan Bhayangkara). Ada yang di latihan, saya luar biasa melihat dia, suprise saya melihat dia. Ketika dimainkan, baru lawan Bhayangkara itu tidak sama dengan yang latihan,” beber Indra jelang laga Vs Lebanon, Kamis (13/4/2023).

Namun, Indra tak menyebut siapa pemain yang ia maksud dalam pernyataannya itu. Pelatih yang naik daun bersama Timnas U-19 ini lantas mengatakan, di situlah letak pentingnya sebuah laga uji coba bagi seorang juru latih.

Bukan cuma menentukan strategi, tapi juga mengukur kapasitas masing-masing pemain yang dibawa dan mengevaluasi kembali kedalaman skuad yang ia punya.

“Kan itu gunanya uji coba. Jadi saya hanya mendapat itu, dan saya dalam uji coba, walaupun menang itu penting. Tetapi jauh lebih penting bagaimana saya bisa mereview, menyimpulkan siapa pemain mengisi posisi apa yang paling tepat,” jelasnya.

Melawan Lebanon, pada Jumat besok, Indra mengaku bakal mencermati hal serupa saat anak asuhnya bermain melawan Bhayangakara FC. Namun, kali ini, pelatih asal Sumatera Barat mengaku akan fokus membangun kerangka tim hingga kesebelasan inti yang akan tampil di SEA Games Kamboja.

“Uji coba ini akan kami pergunakan semaksimal mungkin untuk menentukan siapa 20 orang terbaik yang dibawa ke SEA Games, karena memang sesuai regulasi SEA Games hanya boleh 20 pemain,” ucap Indra.

Indonesia akan melawan Lebanon dalam dua pertandingan uji coba, dengan pertandingan kedua terjadwal pada Minggu, (16/4/2023).

Dia menganggap pertandingan uji coba kontra Lebanon sebagai simulasi SEA Games 2023.

“Kami ingin mematangkan game plan kami, dengan lawan yang mungkin ada 4 uji coba, pertama Bhayangkara, kedua dan ketiga lawan Lebanon, yang keempat dengan tim lokal, antara PSM dan Dewa United, sedang diurus oleh PSSI, 4 laga ini akan sebagai simulasi untuk SEA Games,” ungkap pelatih berusia 60 tahun.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button