News

Hari Terakhir Operasi Penyelamatan 8 Penambang Terjebak di Lubang Galian Banyumas

Upaya proses evakuasi terhadap 8 petambang yang terjebak di dalam sumur galian tambang telah memasuki hari ke-7, pada Selasa (1/8/2023).

Tim sar gabungan serta relawan masih fokus melakukan penyedotan air yang menggenangi sumur galian tambang di Desa Pancurendang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah tersebut.

Lebih dari 35 alat pompa sedot air dan dioperasikan di sumur-sumur galian tambang yang ada di area pertambangan.

Sampai kemarin, tim SAR masih kesulitan menyedot air yang menggenangi sumur tambang emas ilegal tersebut.

“Operasi SAR hari keenam ini kami masih belum berhasil mengeluarkan saudara-saudara yang terjebak di lubang galian. Adapun kendala yang Tim SAR Gabungan alami yaitu debit air yang masuk ke dalam lubang galian semakin besar,” ujar Kepala Subseksi Operasi dan Siaga Basarnas Cilacap Priyo Prayudha Utama.

Sebelumnya dikabarkan permukaan air turun hingga 14 meter dari bibir lubang galian. Akan tetapi air kembali naik menjadi 12 meter.

Adapun alat yang dikerahkan hingga hari keenam operasi SAR ini di antaranya pompa air, alat deteksi pencarian seperti xaver, scan sonar, live detector, alat-alat mauntainnering, SCBA, dan alat selam. Alat-alat tersebut disiapkan jika ada kemungkinan yang bisa dilakukan apabila bisa memasuki lubang galian tersebut.

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, menyampaikan keprihatinannya atas musibah penambang emas di Banyumas.

“Miris saya mengikuti kabar kejadian di Grumbul Tajur, Banyumas. Ada delapan nyawa yang terkurung di bawah tanah, tapi respons pemerintah malah lamban. Mereka seperti tidak dihargai,” kata Mulyanto, Senin (31/7/2023).

“Pemerintah, dalam praktiknya sangat lamban dalam merespons proses perizinan tambang rakyat ini. Apalagi dengan sistem perizinan yang sentralistik di pusat,” sambungnya.

Mulyanto menambahkan kepada tambang rakyat pemerintah wajib melaksanakan pembinaan dan pengawasan, agar penambang menerapkan praktek penambangan yang baik (good mining practice).

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button