HangoutInersia

8 Tips Aman Solo Traveling untuk Perempuan

Kasus harian COVID-19 mulai menurun. Tempat wisata sudah mulai dipadati para wisatawan. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki me time, terutama para perempuan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat traveling. tips aman travelling dirasa sangat dibutuhkan. Ternyata, solo traveling bagi perempuan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Berikut ada delapan tips aman solo traveling buat Anda para pemula, Jakarta, Selasa, (16/11/2021).

Mungkin anda suka

1. Persiapkan tas khusus untuk perlengkapan pandemi

Ketika bepergian di masa pandemi, tentu perlu memperhatikan kebersihan dan sanitasi dimana pun berada.

Maka persiapkan sebuah tas kecil atau pouch khusus yang berisikan hand sanitizer, masker cadangan, sabun portable, semprotan disinfektan, tisu, hingga alat makan sendiri. Hal ini dilakukan agar Anda bisa tetap higienis tanpa perlu merasa khawatir.

2. Jangan mudah percaya dengan orang baru

Saat ingin mengunjungi kota atau negara yang asing, banyak dari kita yang sudah mulai berkenalan dengan teman baru lewat aplikasi daring.

Namun, Anda tetap perlu waspada terhadap orang asing yang baru dikenal, agar dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. Simpan kontak darurat

Hal satu ini jangan sampai terlewatkan. Penting sekali untuk menyimpan nomor dan kontak lainnya saat situasi darurat.

Ada empat kontak tujuan yang wajib dimiliki baik di ponsel maupun catatan Anda.

Yaitu keluarga, local emergency contact di kota atau negara setempat, rumah sakit, hingga Kedutaan Besar Republik Indonesia yang bertempat di destinasi tujuan. Anda juga bisa mengirimkan itinerary kepada keluarga atau kerabat.

4. Menginap di tempat strategis

Anda mempertimbangkan untuk memilih hotel budget? Ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan Anda menginap di daerah yang tidak terpencil.

Yang kedua, hindari pemilihan hotel yang berada di gang. Sebagai alternatif, pilihlah hotel yang berada di samping jalan besar. Usahakan jangan pulang larut malam, seperti yang dikutip dari pegipegi, Jakarta, Selasa, (16/11/2021).

5. Kenali budaya baru dan beradaptasi

Pastikan sebelum mengunjungi suatu tempat, pelajari budaya dan norma yang berlaku di kota atau negara tersebut. Lalu, gunakanlah pakaian yang sopan dan nyaman selama bepergian.

Hindari penggunaan aksesoris atau perhiasan yang berlebihan atau mencolok. Berpenampilan sesederhana mungkin, akan sangat tepat untuk Anda.

6. Pakai dan manfaatkan teknologi

Untuk memudahkan diri sendiri di dunia yang sudah serba digital, Anda dapat membeli kartu SIM lokal, dan WiFi portable sebagai alat pendukung kegiatan.

Unduh juga offline maps untuk memudahkan Anda dalam bepergian ketika berada di daerah sulit sinyal. Selain itu, pesan tiket atau hal-hal lainnya menggunakan aplikasi atau situs web untuk menghindari penipuan.

7. Bawa yang penting-penting

Sebagai solo traveler, artinya Anda tidak bisa mengandalkan siapa-siapa di situasi tertentu. Oleh sebab itu, dalam sekali bepergian bawalah barang-barang penting yang sekiranya diperlukan jika terjadi hal darurat.

Seperti uang tunai untuk berbelanja di toko kecil, duplikasi dokumen, charger, dan lainnya. Sembunyikan juga barang-barang berharga tersebut, di bagian paling dalam tas yang sulit untuk dijangkau orang.

8. Bangun pertemanan dan komunitas

Walau bepergian sendiri, namun usahakan untuk mencari koneksi sebelum sampai ke tujuan. Bisa join ke dalam grup traveler yang ada di media sosial. Hal ini akan memudahkan Anda juga untuk mendapatkan tips serta teman sebagai local guide. Tak hanya itu, ketika sedang tersesat atau terjadi masalah, Anda dapat juga mengabarkan kepada komunitas tersebut.

Mia Umi Kartikawati

Redaktur, traveller, penikmat senja, musik, film, a jurnalist, content creator enthusiast, food lovers, a mom who really love kids. Terus belajar untuk berbagi dan bersyukur dalam jalani hidup agar bisa mendapat berkah.
Back to top button