News

Fadel Muhammad: Harusnya Jokowi Salat Id di Ibu Kota

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengeluhkan Presiden Jokowi yang memilih melaksanakan Salat Id di Yogyakarta. Dia menilai seharusnya Jokowi salat di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Fadel mengaku ditanyai banyak pihak soal itu. Dia juga mengaku tidak bisa menjawab pertanyaan itu karena tidak berkomunikasi dengan tim presiden.

Mungkin anda suka

“Banyak yang kecewa, ini kan Ibu Kota, harusnya diutamakan dulu,” kata Fadel, di Istiqlal, Jakarta, Senin (2/5/2022).

Salat Id di Istiqlal dihadiri sejumlah tokoh nasional termasuk Wapres Ma’ruf Amin. Fadel menilai, tidak ada yang salah soal keputusan Jokowi memilih Yogyakarta untuk Salat Id, namun dia mengingatkan tidak sedikit rakyat mempertanyakan keputusan itu.

“Bukan masalah salah atau tidak salah, tetapi rakyat mempertanyakan,” ujar politisi Golkar ini.

Presiden Jokowi beserta Ibu Negara, Iriana, menunaikan Salat Id di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta. Salat diselenggarakan secara terbatas dengan diikuti Paspampres dan keluarga pegawai Istana Yogyakarta, sedangkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Yogyakarta Masmin Afif bertindak sebagai imam sekaligus khatib.

Menurut Fadel, Jokowi layak melaksanakan Salat Id di Ibu Kota karena untuk kali pertama sejak dua tahun terakhir Istiqlal melaksanakan Salat Id. Selain itu, banyak warga yang ingin melihat Jokowi.

Dia menilai, seharusnya seluruh pejabat melaksanakan Salat Id di Ibu Kota. “Ini kan bagus momentumnya, tapi ya kami memang tidak ada komunikasi dengan presiden,” ujar Fadel.

 

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button