Viral

Afghanistan Diguncang Gempa, 280 Orang Meninggal Dunia

Gempa hebat melanda Afghanistan timur dan menyebabkan sedikitnya 280 orang meninggal dunia pada Rabu (22/6/2022) pagi.

Dilansir dari Saudi Gazette, gempa berkekuatan enam magnitudo itu melanda Provinsi Paktika. Gempa itu terjadi sekitar 44 km (27 mil) dari kota Khost, Afghanistan Tenggara sekitar pukul 01.30 waktu setempat (21.00 Selasa GMT).

Mungkin anda suka

Direktur jenderal kantor berita Abdul Wahid Rayan menulis di Twitter bahwa 90 rumah telah hancur di Paktika dan puluhan orang diyakini terperangkap di bawah reruntuhan.

Gambar-gambar yang beredar luas secara online dari provinsi tersebut menunjukkan rumah-rumah batu yang hancur. Penduduk berupaya mengangkat puing-puing lainnya untuk menyelamatkan anggota keluarganya.

Departemen Meteorologi Pakistan mengonfirmasi, getaran gempa juga terasa di ibu kota Pakistan, Islamabad, dan di tempat lain di provinsi Punjab timur. Beberapa daerah terpencil di Pakistan melihat laporan kerusakan rumah di dekat perbatasan Afghanistan.

“Tapi belum ditelusuri lagi, apakah benar karena gempa atau hujan deras,” kata juru bicara manajemen bencana Pakistan, Taimoor Khan.

Badan seismologi Eropa, EMSC, mengatakan getaran gempa dirasakan lebih dari 500 kilometer oleh 119 juta orang di Afghanistan, Pakistan, dan India.

Pegunungan Afghanistan dan wilayah Asia Selatan yang lebih luas di sepanjang pegunungan Hindu Kush, tempat lempeng tektonik India bertabrakan dengan lempeng Eurasia di utara, telah lama rentan terhadap gempa bumi yang menghancurkan. Kontruksi buruk pada bangunan perkantoran, rumah-rumah, hingga rumah sakit menempatkan mereka rentan terhadap risiko runtuh akibat gempa bumi.

Back to top button