Viral

Amankan Perayaan Hari Desa Nasional di GBK, Lebih dari 800 Personel Gabungan Diturunkan

Hari ini berlangsung perayaan peringatan Hari Desa Nasional yg dihadiri puluhan ribu kepala desa (kades), di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Acara yang diprakarsai oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) ini akan dikawal oleh 899 peronel gabungan.

Mungkin anda suka

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut 899 personel itu merupakan gabungan dari pihak kepolisian, TNI, dan Pemerintah Daerah.

Trunoyudo merinci dari seluruh personel yang dikerahkan itu terdiri dari 80 personel TNI, Polda Metro 659 personel, 80 personel Polres Jakarta Pusat, dan 80 personel dari Pemda DKI Jakarta. “Total 899 personel, ada TNI dan Pemda juga,” kata Trunoyudo dilansir CNNIndonesia, dikutip Minggu (19/3/2023).

Sedangkan untuk rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi sendiri masih akan melihat situasi di lapangan esok hari. Trunoyudo memperkirakan terdapat sekitar 600 bus yang mengantarkan peserta ke GBK. Di mana, seluruhnya akan terparkir di wilayah GBK.

“Jumlah bus estimasi 600 unit, Seluruh bus akan di parkirkan di lingkungan GBK (ring road, parkir ex Telkom, Asia Afrika, dan Pintu Satu),” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, ribuan kepala desa (kades) akan berkumpul di Gelora Bung Karno (GBK) hari ini, Minggu (19/3/2023) pagi, untuk merayakan peringatan Hari Desa Nasional. Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Surta Wijaya memastikan acara tersebut hanya kumpul-kumpul biasa bukan unjuk rasa.

Menurutnya, acara yang akan digelar di Parkir Timur Senayan pada pukul 9:00-16:00 WIB tersebut diperkirakan akan dihadiri sekitar 50 hingga 100 ribu massa. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga diagendakan hadir. “Cuma kumpul, nggak demo. Ini lagi siap-siap sekarang, lagi check sound,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (18/3/2023).

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button