Inersia

Anak Lesty dan Rizky Billar Alami Hernia, Kenali Gejala, Sebab, hingga Faktor Risiko pada Bayi

Rabu, 21 Sep 2022 – 16:26 WIB

Tangkapan layar dari Instagram Lesty

Kabar terbaru datang dari pasangan Lesty dan Rizky Billar. Buah hati mereka, Muhammad Leslar Al Fatih Billar harus menjalani operasi Hernia di Rumah Sakit bilangan Jakarta Pusat.

Usianya yang masih bayi, membuat anak Lesty dan Rizky mendapat simpati dan doa dari masyarakat di media sosial. Anak Lesty dan Rizky Billar harus menjalani operasi dan kini sedang dalam proses pemulihan.

Melihat hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis hernia yang bisa terjadi pada bayi. Terdapat dua jenis, yaitu hernia inguinalis dan umbilikalis.

Hernia inguinalis terjadi ketika ada benjolan pada selangkangan atau area di dekat kemaluan.

Hernia umbilikalis terjadi ketika bagian dari usus Anda menonjol melalui lubang di otot perut Anda di dekat pusar Anda (pusar). Hernia umbilikalis sering terjadi dan biasanya tidak berbahaya.

Mengutip dari mayoclinic, Rabu, (21/09/2022), Hernia umbilikalis paling sering terjadi pada bayi, tetapi juga dapat menyerang orang dewasa.

Pada bayi, hernia umbilikalis dapat terlihat jelas ketika bayi menangis, menyebabkan pusar menonjol. Ini adalah tanda klasik hernia umbilikalis.

Hernia umbilikalis anak sering menutup dengan sendirinya dalam dua tahun pertama kehidupan, meskipun beberapa tetap terbuka hingga tahun kelima atau lebih. Hernia umbilikalis yang muncul selama masa dewasa lebih mungkin membutuhkan perbaikan bedah.

Gejala

Hernia umbilikalis menciptakan pembengkakan atau tonjolan lunak di dekat pusar. Pada bayi yang menderita hernia umbilikalis, tonjolan tersebut mungkin hanya terlihat saat mereka menangis, batuk, atau mengejan.

Hernia umbilikalis pada anak-anak biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Hernia umbilikalis yang muncul saat dewasa dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda menduga bayi Anda menderita hernia umbilikalis, bicarakan dengan dokter bayi.

Cari perawatan darurat jika bayi Anda menderita hernia umbilikalis ketika:

1. Tampak kesakitan

2. Mulai muntah

3. Memiliki nyeri tekan, bengkak atau perubahan warna di lokasi hernia

Pedoman serupa berlaku untuk orang dewasa. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki tonjolan di dekat pusar Anda.

Cari perawatan darurat jika tonjolan menjadi nyeri atau lunak. Diagnosis dan pengobatan yang tepat dapat membantu mencegah komplikasi.

Penyebab

Selama kehamilan, tali pusat melewati lubang kecil di otot perut bayi. Pembukaan biasanya menutup setelah lahir. Jika otot tidak menyatu sepenuhnya di garis tengah dinding perut, hernia umbilikalis dapat muncul saat lahir atau di kemudian hari.

Pada orang dewasa, terlalu banyak tekanan perut berkontribusi terhadap hernia umbilikalis.

Penyebab peningkatan tekanan di perut meliputi:

1. Kegemukan

2. Kehamilan ganda

3. Cairan di rongga perut

4. Operasi perut sebelumnya

5. Dialisis peritoneal jangka panjang untuk mengobati gagal ginjal

Faktor risiko

Hernia umbilikalis paling sering terjadi pada bayi, terutama bayi prematur dan mereka yang memiliki berat badan lahir rendah. Di Amerika Serikat, bayi kulit hitam tampaknya memiliki sedikit peningkatan risiko hernia umbilikalis. Kondisi ini mempengaruhi anak laki-laki dan perempuan secara setara.

Untuk orang dewasa, kelebihan berat badan atau memiliki kehamilan ganda dapat meningkatkan risiko mengembangkan hernia umbilikalis. Jenis hernia ini cenderung lebih sering terjadi pada wanita.

Komplikasi

Untuk anak-anak, komplikasi hernia umbilikalis jarang terjadi. Komplikasi dapat terjadi ketika jaringan perut yang menonjol menjadi terperangkap (dipenjara) dan tidak dapat lagi didorong kembali ke dalam rongga perut. Ini mengurangi suplai darah ke bagian usus yang terperangkap dan dapat menyebabkan sakit perut dan kerusakan jaringan.

Jika bagian usus yang terperangkap benar-benar terputus dari suplai darah, dapat menyebabkan kematian jaringan. Infeksi dapat menyebar ke seluruh rongga perut, menyebabkan situasi yang mengancam jiwa.

Orang dewasa dengan hernia umbilikalis agak lebih mungkin mengalami penyumbatan usus. Operasi darurat biasanya diperlukan untuk mengobati komplikasi ini.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button