Viral

Anies Peringkat Teratas Usulan Capres Partai NasDem, Ganjar Urutan Kedua

Usulan calon presiden (capres) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) didominasi nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ia mengantongi dukungan dari 32 DPW.

Urutan kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diajukan 29 DPW.

Hal itu mencuat dalam pleno perhelatan Rakernas Partai NasDem, Kamis (16/6/2022). Total ada 34 DPW Partai NasDem.

Dari 32 DPW, hanya dua DPW yang tak mengajukan Anies Baswedan sebagai capres yaitu Papua Barat dan Kalimantan Timur. Kedua DPW ini menginginkan agar Partai NasDem mengedepankan kader internal.

Sementara, Ganjar tak didukung 5 DPW Partai NasDem yaitu Kalimantan Timur, Banten, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, dan DKI Jakarta.

DPW Partai NasDem yang tak mendukung Ganjar telah mengarahkan dukungannya kepada Anies dan sejumlah tokoh lainnya di antaranya Prananda Surya Paloh, Isran Noor, Erick Thohir, Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa, Rachmat Gobel, Andika Perkasa, Sahroni, dan Lestari Moerdijat.

Kemudian, nama-nama capres usulan setiap DPW selanjutnya diberikan kepada Surya Paloh. Surya Paloh selaku Ketua Umum Partai NasDem akan memilih satu nama untuk diusung Partai NasDem di Pilpres 2024.

Usulan Cermin Keinginan Masyarakat

Sebelumnya, Surya Paloh meyakini usulan seluruh DPW Partai NasDem merupakan sosok-sosok terbaik yang memiliki kompetensi memimpin Indonesia. Selain itu mencerminkan keinginan masyarakat.

“Yakin dan percaya kita memiliki calon anak negeri yang terbaik dari yang baik-baik. Maka DPW mencalonkan beberapa nama, berproses menjadi 3 nama. Diharapkan mendapatkan rekomendasi yang nanti diberikan kepada saya,” kata Paloh dalam Pembukaan Rakernas Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Selanjutnya, Paloh akan menerima secara simbolis nama-nama usulan Capres dari DPW saat penutupan Rakernas di JCC Senayan, Jakarta, Jumat malam (17/6/2022).

“Saya akan merenung, berkontemplasi dan dalam tingkat rasional dan kita akan pilih yang terbaik dengan niat baik kita,” ujar Paloh.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button