KabarRamadan

Bank Mandiri Kalteng Rogoh Rp200 Miliar Cukupi Kebutuhan Lebaran

Memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode menjelang Idul Fitri hingga pasca-Lebaran 1443 Hijriah, PT Bank Mandiri Wilayah Kalimantan Tengah menyiapkan uang tunai sebanyak Rp200 miliar.

Area Head Bank Mandiri Wilayah Kalteng Suprijanto mengatakan, untuk kebutuhan likuiditas, pihaknya pastikan tetap terjaga. “Kita sudah siapkan Rp200 miliar untuk persiapan kebutuhan masyarakat saat menjelang Lebaran hingga pasca Lebaran 1443 Hijriah,” katanya di Palangka Raya, Minggu (24/4/2022).

Mungkin anda suka

Ia menjelaskan, selain untuk kebutuhan pengisian Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dana tersebut juga diperlukan untuk penukaran uang dan kebutuhan penukaran uang baru.

Menurut dia, jika pada hari normal pihaknya mengisi Rp500 juta untuk setiap mesin ATM, maka selama menghadapi periode Lebaran pengisian naik menjadi Rp1 miliar per ATM.

“Biasanya, untuk setiap ATM, uang yang disiapkan di dalam mesin itu akan habis dalam tiga hari. Maka saat sudah habis akan kita isi kembali. Sementara itu, jumlah ATM kita di Kalteng ada 87 mesin,” kata Suprijanto.

Meski demikian, lanjut dia, jumlah uang untuk persiapan menyambut Lebaran yang disiapkan tersebut menurun dibanding tahun sebelumnya terkait momen yang sama.

“Khusus Bank Mandiri penurunan terjadi sekitar 20 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama. Penurunan ini terjadi karena adanya pengaruh digitalisasi pembayaran dalam transaksi, seperti melalui QRIS dan sebagainya,” katanya.

Ia juga menegaskan, untuk wilayah yang masih belum optimal dalam penerapan transaksi digital, penggunaan atau peredaran uang tunai melalui Bank Mandiri, termasuk ATM, masih cukup tinggi.

Di sisi lain, selama masa cuti dan libur nasional, pihaknya juga menghentikan layanan di kantor perbankan. Terkecuali pada 29 April dan 5 Mei, pihaknya akan melakukan layanan khusus kepada pihak SPBU yang akan melakukan pembayaran atau transaksi.

“Untuk tahun ini, kita melaksanakan safari Ramadhan dan juga pembagian paket sembako senilai Rp150 ribu. Untuk wilayah Kalteng disiapkan 270 paket untuk masyarakat sekitar kantor dan lingkungan karyawan,” katanya.

Pihaknya pun berharap, pemberian paket sembako itu dapat membantu masyarakat penerima dalam memenuhi kebutuhan Ramadhan atau pun Lebaran 1443 Hijriah.

 

Back to top button