Kendari

Bapas Kelas II Kendari Adakan Pelatihan Dukungan Psikologis Awal Pada Pembimbing Kemasyarakatan

KENDARI – Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Kendari bersinergi bersama Ikatan Alumni Psikolog Universitas Indonesia (UI) lakukan pelatihan Dukungan Psikolog Awal pada Pembimbing Kemasyarakatan (PK) lingkup BAPAS Kelas II Kendari.

kegiatan ini dilaksanakan di Kantor BAPAS Kelas II Kota kendari, pada Selasa (13/9/2022).

Kepala BAPAS Kelas II Kota Kendari, Hasrudin mengatakan bahwa kegiatan pelatihan dan pembinaan Dukungan Psikologis Awal yang ditujukan pada para Pembimbing Kemasyarakatan (PK) di BAPAS Kelas II Kota Kendari ini sangat berguna .

“Karena pengetahuan dan keahlian seperti ini dapat di implementasi kan dalam tugas sesuai dengan fungsi BAPAS di dalam melakukan pendampingan,” kata Hasrudin

Baca juga: Pemkot Kendari Salurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan BPJS di Kecamatan Kambu

Dia juga menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melatih dan memberikan pemahaman kepada para Pembimbing Kemasyarakatan bagaimana menangani klien-klien yang pernah bermasalah.

“Klien-Klien kita yang dikembalikan ke tempatnya masing-masing, otomatis ada trauma dan stress juga, oleh karena itu kita bekali para Pembimbing kita dengan kemampuan seperti ini,” jelasnya

Terakhir dia mengapresiasi Ikatan Alumni UI yang juga bekerja di BAPAS Kelas II Kota Kendari yang telah mau menjadi pemateri dalam pelatihan ini dan mau berbagi Ilmu tentang dukungan Psikologi Awal pada teman teman PK.

Sementara itu di tempat yang sama pemateri kegiatan pelatihan Dukungan Psikologi Awal yang menjadi perwakilan Ikatan Alumni Psikologi UI, Hilman Rasyidi Lukman mengatakan bahwasanya materi yang dia berikan kepada PK BAPAS Kelas II Kendari adalah kemampuan untuk membantu menghadapi hal hal kritis yang dialami oleh Klien.

Pemateri kegiatan pelatihan Dukungan Psikologi Awal, perwakilan Ikatan Alumni Psikologi UI, Hilman Rasyidi Lukman

“Ada hal hal kritis yang mungkin dialami klien mungkin itu Stres atau Trauma, nah ini adalah pelatihan untuk mengatasi hal hal seperti itu,” kata¬† Hilman.

Baca juga: DPRD Kota Kendari Usulkan 3 Nama Sebagai Calon PJ Wali Kota Kendari

Pembimbing Kemasyarakatan Pertama BAPAS Kelas II Kota Kendari itu juga menjelaskan bahwa materi ini berisikan beberapa penjelasan tentang Dukungan Psikologi Awal.

“Yah salah satu materi dari Dukungan Psikologi Awal yaitu metode Observasi dimana kita diajarkan untuk memahami dan dapat membedakan mana klien yang terkena trauma atau stres,” ungkapnya

Terakhir ia mengatakan bahwa ia berharap bahwasanya kedepannya PK BAPAS Kelas II Kendari lebih banyak yang mengerti dan mengetahui tentang kemampuan dalam memberikan Dukungan Psikologi Awal.

Pelatihan Dukungan Psikolog Awal pada Pembimbing Kemasyarakatan (PK) lingkup BAPAS Kelas II Kendari

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button