Kanal

Bea Cukai Laksanakan Asistensi Industri Lewat Customs Visit Customers

Jalankan fungsi industrial assistance dan trade facilitator, Bea Cukai mengunjungi stakeholders lewat kegiatan customs visit customers (CVC). Kali ini kunjungan dalam rangka mempererat sinergi dan koordinasi dilakukan oleh Bea Cukai Bandung, Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, serta Bea Cukai Bengkalis.

Kegiatan CVC Bea Cukai Bandung dilakukan dengan mengunjungi stakeholders di wilayah pengawasannya, salah satunya PT Aichi Tex Indonesia yang berlokasi di Sumedang. “CVC dapat menjadi sarana bagi Bea Cukai untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi perusahaan di lapangan dan memecahkan masalah tersebut yang berkaitan dengan prosedur kepabeanan dan cukai,” ungkap Hatta Wardhana, Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan.

Mungkin anda suka

Masih di pulau Jawa, Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY juga menjalankan fungsi industrial assistance lewat kunjungan ke PT Dharmapala Usaha Sukses di Cilacap, Jawa tengah.

Dalam kegiatan tersebut, Bea Cukai mengimbau perusahaan agar dapat memanfaatkan fasilitas KITE yang telah diberikan serta memaksimalkan pengawasan IT Inventory dan CCTV agar tujuan diberikannya fasilitas tersebut dapat berjalan dengan optimal.

Sementara itu di Bengkalis, Riau, Bea Cukai mengadakan program CVC ke Koperasi Produksi Generasi Mandiri yang berada di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. UMKM tersebut bergerak dalam bidang budidaya udang vaname.

Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) atau disebut juga udang kaki putih ini adalah udang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan pastinya menjadi salah satu produk perikanan yang memiliki potensi ekspor sehingga dapat menghasilkan devisa bagi negara.

Hatta menambahkan bahwa CVC merupakan salah satu kegiatan dari program Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai (PRKC). “Lewat CVC, Bea Cukai berupaya mendorong peningkatan kerja sama dengan para pengguna jasa,” pungkas Hatta. [adv]

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button