Inersia

Bergerak Cegah Masalah Obesitas

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional 2021, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyelenggarakan seminar bertajuk Bergerak Cegah Obesitas. Acara ini dihadiri perwakilan 26 Kementerian/Lembaga (K/L) serta jejaring Scaling Up Nutrition Networks (SUN) Indonesia untuk bersama-sama bergerak halau masalah obesitas.

“Melalui pertemuan ini(bergerak cegah obesitas), diharapkan kita dapat meningkatkan peran SUN Networks di Indonesia dalam upaya perbaikan gizi, terutama menekan angka obesitas, sesuai dengan indikator pokok dalam RPJMN 2020-2024,” ujar Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Subandi Sardjoko, pada temu media virtual, Jakarta, Jumat, (12/11/2021).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang hadir pada pembukaan seminar, menyatakan dukungannya terhadap acara ini.

“Scaling Up Nutrition merupakan wujud respons negara-negara di dunia terhadap kondisi status gizi, yang berpengaruh besar terhadap ekonomi dan kualitas hidup manusia. Indonesia telah menjadi bagian dari negara yang berkomitmen untuk. perbaikan gizi dan mendukung terwujudnya SDGs,” tutur Budi.

Tercatat, ada tiga poin penting yang dihasilkan yaitu program untuk menekan angka yang timbul dari masalah obesitas dan efektif harus komprehensif, penguatan upaya promotif-preventif melalui pembudayaan Germas, perilaku CERDIK, sinergi dan lintas program, serta kolaborasi lintas sektor serta perlu adanya peer group pada lingkungan remaja dalam upaya edukasi dan komunikasi risiko terkait pencegahan dan risiko obesitas.

Poin penting yang juga dihasilkan dari seminar ini adalah perlunya dibuat program kerja yang tertata dan berkelanjutan dalam rangka pencengahan obesitas.

Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/Bappenas, Pungkas Bahjuri Ali menjelaskan obesitas adalah maalah yang sangat kompleks dan menjadi tantangan kesehatan bagi masyarakat.

“Obesitas merupakan masalah yang kompleks dan menjadi tantangan bagi kita semua. Target global obesitas adalah menghentikan kenaikan prevalensi obesitas,” tegas Pungkas.

Dia menekankan, faktor konsumsi dan aktivitas fisik menjadi hal yang berperan penting dalam obesitas. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPMJN) 2020-2024, telah ditetapkan target agar tingkat obesitas di Indonesia tidak mengalami kenaikan.

Mia Umi Kartikawati

Redaktur, traveller, penikmat senja, musik, film, a jurnalist, content creator enthusiast, food lovers, a mom who really love kids. Terus belajar untuk berbagi dan bersyukur dalam jalani hidup agar bisa mendapat berkah.
Back to top button