Hangout

Cara Cegah Kanker Payudara jika Memiliki Riwayat Keturunan

Minggu, 26 Mar 2023 – 04:16 WIB

kanker payudara

Mungkin anda suka

Jika kerabat dekat terkena kanker payudara, tidak berarti anggota keluarga lainnya pasti akan terjangkit kanker payudara. (Dokumentasi ilustrasi: IstockPhoto).

Jika kerabat dekat terkena kanker payudara, tidak berarti anggota keluarga lainnya pasti akan terjangkit kanker payudara, namun memiliki risiko yang lebih tinggi daripada orang lain.

“Faktor keturunan tidak dapat diubah, namun gaya hidup dan faktor lingkungan dapat diatur untuk mencegah kanker payudara,” ujar Dr. dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM, Jakarta, Minggu (26/03/2023).

Masih menurutnya, untuk mencegah terjangkitnya kanker payudara herediter atau keturunan jika seorang kerabat tingkat pertama terkena kanker payudara, segera lakukan skrining secara dini dan rutin.

“Pengobatan dan operasi payudara juga dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara,” tambahnya.

Dia menambahkan menerapkan pola hidup sehat adalah salah satu cara untuk mencegah terjangkitnya kanker payudara.

“Caranya dengan tidak merokok, tidak minum-minuman beralkohol, berolahraga secara rutin, dan menjaga berat badan ideal. Jagalah kualitas dan harapan pasien beserta keluarga yang terkena kanker payudara, teruslah semangat, menjaga kesehatan emosional dan mental, saling memberikan dukungan, serta tertib dalam menjalankan terapi dan pengobatan kanker sesuai arahan dokter,” paparnya.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button