Viral

Cegah Kecelakaan, PPD Pasang Alat Pantau di Bus Transjakarta

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan Bus TransJakarta, Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) memasangkan alat Internet of Things (Iot) di armada mereka.

“Ini alat yang mendeteksi kelelahan dari pramudi, pramudi ngantuk, keluar dari jalur. Segala bentuk pelanggaran dilakukan pramudi itu bisa terdeteksi,” kata Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa, Rabu (6/7/2022).

Mungkin anda suka

Adapun cara kerja alat yang dipasang tersebut, memberi peringatan tidak hanya ke pramudi, tapi juga pihak operator PPD ketika terjadi human error.

Sehingga ketika terjadi pelanggaran, pihak operator PPD dapat memberi peringatan langsung kepada pramudi. “Komunikasi dua arah ini dimungkinkan melalui CCTV pada masing-masing armada,” jelasnya.

Sedangkan fitur lainnya mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan di sekitar bus dengan keakuratan mencapai 95 persen, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

“Karena belakangan sering muncul kecelakaan dan denda dari TransJakarta maka ini solusi, jalan bagi Perum PPD untuk meminimalkan rasio kecelakaan akibat human error,” ujarnya.

Namun ini masih dalam penerapan uji coba terhadap armada TransJakarta, jika hasilnya memuaskan maka alat IoT akan dipasang pada armada lain.

Diharapkan dengan pemasangan alat ini dapat memberi rasa aman dan nyaman kepada pengguna Transjakarta, sehingga pengguna transportasi umum di DKI Jakarta terus meningkat.

“Nanti selesai uji coba kalau benar (IoT) akurat kita harapkan semua armada TransJakarta bisa dilengkapi dengan itu,” pungkasnya.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button