Viral

Demo DPR, Mahasiswa: Kami Menolak RKUHP

Ratusan pengunjuk rasa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan beberapa aliansi mahasiswa lainnya menggeruduk Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2022).

Mereka meneriakkan dan menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Para mahasiswa juga menuntut Ketua DPR RI, Puan Maharani keluar dari Gedung DPR/MPR dan berdialog untuk meminta penuntasan kontroversi sejumlah pasal dalam draft RKUHP

Terpantau, para pengunjuk rasa tiba di depan Gedung DPR/MPR sejak pukul 15.15 WIB. Mereka berjalan dari arah Jalan Gerbang Pemuda menuju Gedung DPR sambil membentangkan spanduk tuntutan dan mengibarkan bendera kampusnya masing-masing.

“Kami menolak RKUHP. Kami datang ke sini ke gedung wakil rakyat kita yang sudah tak peduli dengan aspirasi masyarakat. Hidup mahasiswa!,” pekik seorang orator perempuan di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

“Mari teriakkan bersama, huuu,” sahut para pengunjuk rasa.

Sebelumnya, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Bayu Satria Utomo mengatakan, massa mahasiswa antara lain berangkat dari UI sekitar 250 orang dengan menggunakan bus. Menurut dia, total massa aksi jumlahnya lebih dari 1.000 orang. Sebab akan ada mahasiswa lainnya dari berbagai universitas.

Sementara, pihak kepolisian terpantau melakukan penjagaan dan pengamanan hingga membentangkan pagar kawat berduri di depan pintu gerbang Gedung DPR/MPR.

Back to top button