Inersia

Diabetes juga Bisa Dialami Anak yang Kurus

Penyakit diabetes mellitus juga bisa dialami oleh anak yang bertubuh kurus. Diabetes juga bisa dialami anak yang kurus. Diabetes pada anak kurus tersebut diungkapkan Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K).

Dia menegaskan adanya anggapan penyakit diabetes bisa menyerang anak yang bertubuh gemuk tidak sepenuhnya benar. Karena, anak yang bertubuh kurus juga bisa menderita diabetes.

“Anak bertubuh kurus pun bisa mengidap diabetes melitus tipe 1. Jadi waspadai bila anak banyak makan, banyak minum, sering pipis dan berat tubuh terus menurun,” kata Piprim dalam webinar terkait diabetes pada anak, dikutip dari Antara, Jakarta, Sabtu, (13/11/2021).

Piprim menjelaskan anak kadang belum memahami mengapa dia sering merasa lapar (polifagi), sering merasa haus (polidipsi) dan sering buang air kecil di malam hari (poliuri).

Tiga gejala yang kerap disebut 3P tersebut merupakan gejala umum pada penderita diabetes melitus dan bisa terjadi pada anak.

“Harus segera periksa kadar gula anak, apalagi bila memiliki riwayat diabetes melitus di keluarga,” kata Piprim.

Mia Umi Kartikawati

Redaktur, traveller, penikmat senja, musik, film, a jurnalist, content creator enthusiast, food lovers, a mom who really love kids. Terus belajar untuk berbagi dan bersyukur dalam jalani hidup agar bisa mendapat berkah.
Back to top button