Banten

Dirjen Perbendaharaan Serahkan Penghargaan Kepada Pemkot Kendari Atas Prestasi Penyaluran DAK Fisik Tercepat

Kendari – Pemkot Kendari mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan RI Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai Pemda tercepat dalam penyaluran DAK Fisik TA 2022.

Penghargaan ini diterima langsung Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala di ruang rapat Sekda, Selasa (2/8/2022).

Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala menjelaskan, penghargaan yang diterima ini adalah bentuk sinergitas antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Kendari.

Baca juga: Persiapan ‘Perang’ Pemilu 2024, Ketua DPD PKS Lantik Dewan Pengurus Cabang PKS Se- Kota Kendari

“Penghargaan ini tak lepas dari dukungan penuh Wali Kota Kendari sejak awal draft dan pencairan awal yang terus memberikan perhatian dan fokus pada proses penandatanganan laporan kaitannya dengan dokumen keuangan penyaluran menjadi prioritas wali kota untuk diselesaikan,” katanya.

Sekretaris BKAD Inand Irojasa, SP, M.SI menjelaskan, penghargaan ini berkat sinergi yang sangat baik antara Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) sebagai User Pemda dengan organisasi perangkat daerah (OPD) pengampu DAK fisik.

“Seperti Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan dan OPD lainnya,” katanya.

Selain itu, peranserta Inspektorat Kota Kendari sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang terus memberikan pendampingan intensif dalam hal pengendalian dan pengawasan sehingga pemenuhan syarat salur DAK fisik yang mencakup ketepatan waktu penyampaian pelaporan dan progres realisasi fisik dan keuangan kegiatan DAK fisik dapat terlaksana dengan baik.

“DAK disalurkan dalam 3 tahap, direalisasikan dalam 1 tahun anggaran dan Kota kendari adalah termasuk yang tercepat mulai dari awal tahap pertama sampai terakhir dalam merealisasikan penyaluran DAK,” jelasnya.

Nilai pagu total DAK fisik Kota Kendari tahun 2022 sebesar Rp109.402.564.400,- terdiri atas 30 bidang pengelolaan DAK fisik.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button