Bisnis

Foto: Mendag Zulhas Bahas Hubungan Dagang Indonesia-Jepang dengan Menteri Nishimura

Jumat, 26 Mei 2023 – 21:51 WIB

Menteri Nishimura

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Yasutoshi Nishimura di sela-sela acara MRT APEC di Detroit, AS, Kamis (25/5/2023). [foto-foto: Humas Kemendag]

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Yasutoshi Nishimura di sela-sela acara Responsible for Trade Asia Pasific Economic Cooperation (MRT APEC) di Detroit, Amerika Serikat (AS).

Menteri Nishimura

Pertemuannya digelar di Westin Book Cadilac, Detroit, pada Kamis (25/5/2023) siang waktu setempat. Dalam kesempatan ini, Mendag Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan menyebut, Jepang adalah saudara tua bagi Indonesia dan ASEAN. “Hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang sudah terjalin 65 tahun. Sedangkan dengan ASEAN selama 50 tahun,” papar Mendag Zulhas.

Menteri Nishimura

Mendag Zulhas optimistis hubungan perdagangan Indonesia dan ASEAN bersama Jepang ke depannya akan semakin erat, dan saling menguntungkan. Melalui beberapa kesepakatan, yakni RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership), IJEPA (Indonesian-Japan Economic Partnersip agreement), dan AJCEP (ASEAN-Japan Comprehensive Economic Partnership).

Menteri Nishimura

Mendag juga berharap, penandatanganan protokol perubahan IJEPA bisa dilaksanakan saat KTT ASEAN di Jakarta pada Sept 2023. Atau melalui forum ASEAN Japan Commemorative Summit yang digelar pada November 2023. “Ini penting untuk menyelesaikan hambatan supply mineral dan memperkuat RCEP,” papar Mendag Zulhas.

Menteri Nishimura

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button