Viral

Gandeng KemenPUPR, BNPT Bangun Rusun untuk Keluarga Eks Napiter

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Kementerian PUPR membangun rumah susun di Desa Tenggulun, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur untuk keluarga mantan napi teroris (napiter).

Kepala BNPT Boy Rafli Amar mengatakan rusun tersebut memiliki luas sekitar 527 meterp persegi yang memiliki dua lantai. Selain untuk tempat tinggal, rusun itu juga bisa dijadikan pusat pendidikan karakter bagi mantan napiter.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi lembaga pendidikan yang mengembangkan terus konsep Islam rahmatan lil ‘alamin. Kemudian juga mendukung program moderasi beragama yang tentunya sangat kita perlukan hari ini di tengah keberagaman bangsa Indonesia,” katanya.

Radikal terorisme, menurut Boy Rafli Amar, sama seperti virus corona, dapat menular dan tidak terasa namun dapat merubah perilaku menjadi destruktif.

“Virus radikal terorisme ini menular seperti corona. Jadi bisa menular, tidak terasa, bisa OTG (tanpa gejala), tapi kemudian bisa merubah prilaku, bisa destruktif dan bahkan bertindak membahayakan nyawa orang. Dan upaya hari ini adalah bagian dari program pencegahan, deradikalisasi, dengan memberikan dukungan pada masyarakat,” jelasnya.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Anton Hartono

Jurnalis yang terus belajar, pesepakbola yang suka memberi umpan, dan pecinta alam yang berusaha alim.
Back to top button