Viral

Gantikan Zulhas, Yandri Susanto Jadi Wakil Ketua MPR

Siapa yang menggantikan Zulkifli Hasan (Zulhas) di MPR terjawab sudah. DPP PAN menunjuk Waketum PAN Yandri Susanto menjabat Wakil Ketua MPR menggantikan Zulhas yang resmi diangkat Presiden Jokowi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) pada Rabu (15/6/2022) yang lalu.

Kabar Yandri yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR ditunjuk menggantikan Zulhas dipastikan dari Instagram Story (instastory) akun Sekjen PAN Eddy Soeparno, @eddy_soeparno. Eddy  memampang foto keduanya salam komando pada Senin (27/6/2022) malam. Eddy mengucapkan selamat kepada Yandri yang akan dilantik menjabat Wakil Ketua MPR.

“Semoga dimudahkan dan dilancarkan dlm menjalankan tugas,” tulis Eddy.

Waketum PAN, Viva Yoga, ketika dikonfirmasi menyatakan, DPP menunjuk Yandri berdasarkan hasil musyawarah mufakat. “DPP PAN telah menetapkan pengganti Bang Zulkifli Hasan di Wakil Ketua MPR RI adalah Yandri Sosanto. “Tidak ada voting,” kata Yoga.

Yandri anggota DPR dari daerah pemilihan Banten II memulai karier politiknya dengan menjadi  staf ahli DPR 2004-2009. Pada 2009 Yandri maju dan terpilih menjadi anggota DPR hingga periode ketiga sekarang ini.

Posisi Wakil Ketua MPR berkurang karena Zulhas masuk menjadi anggota kabinet pada reshuffle yang dilakukan Presiden Jokowi memasuki tahun politik ini. Zulhas dilantik bersama eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang ditunjuk menjabat Menteri ATR/BPN mengantikan Sofyan Djalil.

Selain dua menteri, Presiden Jokowi turut melantik tiga wakil menteri yakni, Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN.

Back to top button