Arena

Garang di Madrid Melempem saat Euro 2024, Andriy Lunin Minta Maaf


Penjaga gawang, Andriy Lunin menyampaikan perminataan maaf usai menjadi aktor di balik kekalahan Ukraina atas Rumania dalam laga perdana Grup E Euro 2024, Senin (17/6/2024).

Dalam laga itu, The Yellow-Blues diluar dugaan takluk 0-3 atas Rumania. Sayang, dua dari tiga gol yang bersarang ke gawang Ukraina ialah buah kesalahan sang kiper Andriy Lunin.

“Saya minta maaf kepada rekan-rekan satu tim saya, kesalahan saya membuat pertandingan menjadi rumit. Yang bisa saya katakan hanyalah maaf dan bangkit kembali untuk pertandingan berikutnya,” ujar penjaga gawang Real Madrid itu mengutip COPE, Selasa (18/6/2024).

Rumania mencetak gol perdana melalui kaki Nicolae Stanciu di menit ke-29. Gol tercipta buah blunder fatal Lunin yang berusaha membuang bola namun justru mendarat di kaki Dennis Man, penyerang Rumania.

Man kemudian mengoper bola ke Stanciu yang berdiri bebas di depan garis kotak penalti. Tanpa ampun, pemain veteran berusia 31 tahun melepas tendangan roket berkecepatan 116km yang gagal diantisipasi Lunin.

Petaka bagi penjaga gawang 25 tahun tak berhenti sampai di situ. Gol kedua Rumania di menit ke-53 yang diciptakan Razvan Marin juga menjadi tanggung jawab Lunin.

Marin yang melepas tembakan dari luar kotak penalti gagal ditepis Lunin, meski sang kiper sudah berada dalam posisi tepat.

“Kesalahan kiper adalah kebobolan. Harusnya itu bisa saya hindari. Saya sedih karena rekan setim bekerja keras dan kesalahan saya membuat pertandingan jadi sulit,” ujarnya.

Performa buruk Lunin tadi malam tentu berbanding terbalik jika bercermin pada penampilannya bersama Real Madrid di musim ini.

Penjaga gawang berpostur 191cm itu menjadi salah satu kunci sukses El Real merengkuh trofi Liga Champions Eropa ke-15 mereka di musim ini. Meski dia harus absen di babak final melawan Borussia Dortmund.

Salah satu yang paling disorot publik Madrid tak lain ialah penampilan gemilangnya saat babak adu penalti melawan Manchester City di perempat final UCL.

Dalam babak adu tos-tosan yang dimenangi Real Madrid dengan skor 4-3, Lunin berhasil menepis dua tendangan pemain Man City, yaitu Bernardo Silva dan Mateo Kovacic.

Di musim ini, Lunin juga menjadi tulang punggung Los Blancos yang menjuarai La Liga Spanyol 2023/2024. Lunin tampil di 21 laga, dengan catatan cleansheet di 10 pertandingan.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button