Viral

Gerindra Segera Deklarasikan Prabowo Capres 2024

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyatakan partainya bakal mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Deklarasi bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Muzani menyampaikan penegasan ini sekaligus mengklarifikasi pernyataan Ketum Gerindra ketika bertemu Ketum Nasdem belum lama ini. Ketika itu, Prabowo menyatakan capres tidak harus dirinya dan mendorong kaum muda untuk mau berkontestasi.

“Insya Allah dalam bulan-bulan mendatang, kami akan segera mendeklarasikan Pak Prabowo sebagai calon presiden Republik Indonesia yang diusung Partai Gerindra,” kata Muzani, di Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Muzani melanjutkan, pernyataan Prabowo yang menyatakan capres tidak harus dirinya itu harus dimaknai sebagai upaya Gerindra membangun koalisi. Gerindra berharap parpol lain mau mendukung pencapresan Prabowo.

“Pak Prabowo berharap partai-partai politik di luar Gerindra bisa men-support, mendukung dan berkoalisi dengan dirinya untuk maju menjadi calon presiden. Akan tetapi sebagai seorang yang demokratis, Pak Prabowo tetap membuka peluang bahwa ada calon presiden di luar dirinya, yakni siapa saja yang didukung, dicalonkan oleh partai politik sepanjang memenuhi kriteria oleh undang-undang,” ujarnya.

Wakil Ketua MPR juga menegaskan Gerindra solid mendukung Prabowo sebagai capres pada 2024. Bahkan membantah Prabowo yang sekarang menjabat Menhan hanya menjadi king maker pada Pemilu 2024.

“Anggapan yang mengatakan bahwa Pak Prabowo dalam Pilpres 2024 memilih menjadi king maker dan kemungkinan tidak akan maju adalah anggapan yang keliru karena beliau adalah calon presiden Republik Indonesia yang akan maju dan diusung Partai Gerindra,” tuturnya.

Lebih lanjut, Muzani mengungkapkan, seluruh kader Gerindra sekarang ini sudah merapatkan barisan dan solid mengusung Prabowo sebagai capres dengan semboyan, “Prabowo Presiden, Gerindra Menang.”

Seluruh kader yang dimaksud yaitu, anggota Fraksi Gerindra DPRD tingkat satu dan dua, hingga DPR pusat. Termasuk kader pada tingkat kelurahan dan desa.

“Kami sedang mencari waktu yang tepat, tempat yang pas untuk kapan Prabowo Subianto kita deklarasikan sebagai calon presiden yang diusung oleh Partai Gerindra,” kata dia.

Ketika menemui Surya Paloh dan pengurus DPP Partai Nasdem di Nasdem Tower, Gondangdia, Rabu (1/6/2022), Prabowo mengungkapkan kriteria yang cocok maju atau diusung sebagai capres dalam menjawab pertanyaan wartawan ketika konferensi pers. Pernyataan Prabowo yang mengungkapkan siapa saja menjadi capres dianggap sinyal dirinya hanya sebatas menjadi king maker pada 2024.

“Enggak harus Prabowo, siapa saja,” ujar Prabowo menjelaskan dirinya tidak harus maju sebagai capres.

Back to top button