Viral

Habis ‘Diserang’ Netizen, Tri Suaka dan Zidan Dikejar Musisi Bayar Royalti

Kabar pemberitaan tentang musisi spesialis cover Tri Suaka dan Zinidin Zidan tampaknya belum akan berakhir. Setelah ramai-ramai diserang netizen atas ulahnya memparodikan gaya bernyanyi Andika Kangen Band, kini keduanya terancam harus membayar royalti hingga Rp10 miliar.

Erwin Agam selaku pencipta lagu Emas Hantaran yang sempat dibawakan oleh Tri Suaka dan Zidan, bahkan sempat melayangkan teguran pada dua penyanyi viral tersebut. Lantaran tak digubris, kini Tri Suaka dan Zidan terancam membayar Rp1 miliar per lagu atas dugaan pembajakan lagu ciptaan orang lain.

“Pengacara Erwin Agam menyatakan Tri Suaka dan Zidan bayar royalty 1 lagu 1 milyar bila ada 10 lagu cover jadi 10 Miliar karena diduga telah melakukan pembajakan lagu ciptaan orang lain,” tulis pihak Erwin Agam dalam pesan kepada wartawan.

“Menurut Undang-Undang nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak cipta di Pasal 1 point 23 dan Tri Suaka dan zidan tidak memiliki hak Lisensi dalam membawakan lagu orang tersebut,” lanjutnya.

Erwin Agam diketahui menghubungi manajemen Tri Suaka untuk berkomunikasi dan meminta royalti. Sayangnya, tidak ada tanggapan sama sekali.

Hal tersebut terungkap melalui laman Facebook Erwin Agam. Dia mengecam aksi Tri Suaka dan Zinidin Zidan yang sama sekali tidak meminta izin dan membayar royalti, padahal mencapai jutaan viewers.

“Dihubungi manajer saya untuk kerja sama malah kalian matikan monetize konten tersebut. Kalian tak beretika,” tegas Erwin Agam.

Ia bukan satu-satunya musisi yang menagih royalti ke Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Band asal Yogyakarta, Ngatmombilung juga pernah menagih royalti ke dua musisi tersebut.

Hingga saat ini, Tri Suaka dan Zinidin Zidan belum memberikan komentarnya terkait tudingan tersebut.

Di saat yang bersamaan, Pemkab Sragen batal mengundang Tri Suaka sebagai bintang tamu di puncak peringatan hari jadi ke-276 kabupaten Sragen. Mereka menganggap Tri Suaka sedang bermasalah dan menggantinya dengan Andika Kangen Band.

Sementara Zidan harus rela subscribernya merosot dari 5 juta kini tinggal 1 jutaan saja imbas kelakuannya.

Tri Suaka dan Zidan tengah menjadi buah bibir usai parodinya yang dinilai mengolok-olok Andika Kangen Band menuai hujatan dari masyarakat luas.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Ivan Setyadhi

Dreamer, Chelsea Garis Biru, Nakama, Family Man, Bismillah Untuk Semuanya, Alhamdulillah Atas Segalanya
Back to top button