Bisnis

Hari Gini Masih Catat Manual? Yuk Beralih ke Aplikasi Stok Barang!

Ketika anda akan menjalankan sebuah bisnis, anda perlu memperhatikan banyak hal, termasuk salah satunya dalam pencatatan. Pencatatan merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. Apalagi jika bisnis anda sedang dan terus berkembang dan bertambah besar. Pencatatan akan sangat berpengaruh terhadap bisnis anda.

Salah satu yang terpenting adalah manajemen stok barang atau bisa disebut inventaris. Ada banyak bisnis yang utmbang hanya karena mengabaikan hal ini. Sebelum hal ini terjadi pada bisnis anda, maka mulai sekarang anda harus lebih memperhatikan hal semacam ini. Yang menjadi pr, pencatatan secara manual hanya akan menyusahkan diri anda.

Belum lagi dari banyaknya jenis barang yang ada akan semakin membuat anda kesusahan untuk mengumpulkan semua data yang anda inginkan. Karena adanya perkembangan jaman sekarang ini banyak jenis aplikasi atau software aplikasi stok barang yang bisa membantu anda untuk meng-update stok barang anda.

Dengan aplikasi stok barang, semua stok barang pada bisnis anda akan terorganisir dan bisa memberikan data apapun yang anda perlukan dalam hitungan detik. Aplikasi stok barang adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang didesain untuk menyederhanakan berbagai proses pengolahan data barang yang ada di Gudang dengan cara yang lebih sederhana dan efisien.

Banyaknya barang yang sudah terjual sangat sulit untuk di monitor jika anda tidak memiliki manajemen inventaris yang terbaik. Maka dari itu anda sangat memerlukan bantuan teknologi untuk membantu mendata semua persediaan barang yang ada di Gudang saat ini.

Jika anda memiliki omset penjualan yang sangat tinggi dan akan terus meningkat setiap tahun, pasti sudah ada banyak barang yang sudah terjual. Maka dari itu anda harus memilah dengan benar jenis aplikasi mana yang sekiranya cocok dengan bisnis anda dan bisa memenuhi segala kebutuhan bisnis yang sedang anda jalankan.

Mulai dari aplikasi PC, android, hingga berbasis web bisa dengan mudah anda temukan aplikasi stok barang untuk melakukan pencatatan stok barang ini. Tinggal anda memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan yang anda perlukan.

Pentingnya Mengelola Stok Penjualan

Mengelola stok barang dengan baik akan sangat membantu anda dalam menjalankan bisnis. Jika bisnis anda bisa berjalan dengan lancar maka perkembangan bisnis bisa lebih cepat. Aplikasi stok barang ini bisa digunakan untuk menerapkan sistem pengelolaan stok barang dengan baik.

Dalam memilih aplikasi stok barang, anda harus memilih jenis aplikasi dengan system yang akurat. Selain itu aplikasi tersebut harus meminimalisir terjadinya masalah yang tidak diinginkan dan nantinya akan mengganggu kegiatan bisnis anda. Dengan mengelola stok barang anda dapat menjaga segala kebutuhan bisnis dan memastikan kesuksesan bisnis yang dijalankan.

Stok barang yang dikelola dengan baik akan sangat bermanfaat untuk anda. Anda bisa menjaga kualitas dan kuantitas barang yang anda jual. Selain itu bisa meningkatkan efisiensi penataan logistik. Distribusi pelayanan juga akan berkembang. Dalam aplikasi stok barang ini anda bisa mendapatkan data dan informasi yang akurat dan akuntabel. Ini akan lebih efektif jika dibandingkan dengan melakukan pendataan secara manual.

Mengelola stok barang dengan menggunakan aplikasi stok barang memberikan anda keakuratan yang lebih besar. Ini akan mengurangi adanya human error yang biasa terjadi karena ketidaktelitian pendata atau bisa akibat kelalaian lain yang tidak dapat diprediksi. Akan lebih valid jika anda mengelola stok barang bisnis anda dengan mengandalkan aplikasi dengan tingkat human error yang jauh lebih rendah.

Tips Mengelola Stok Barang Dengan Baik

Dengan mengelola stok barang menggunakan aplikasi, ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membuat proses Kelola stok barang dengan lebih efisien. Untuk ketahui informasi selengkapnya bisa menyimak ulasan hingga akhir.

1.     Menyiapkan tempat untuk menyimpan barang

Mengelola stok barang anda harus menyiapkan tempat penyimpanan. Sebaiknya anda menyediakan gudang yang khusus untuk menyimpan barang – barang yang sangat penting. Hal ini sangat perlu anda lakukan walaupun bisnis anda masih tergolong kecil.

Dengan menggunakan tempat khusus untuk menyimpan barang akan membuat anda lebih mudah untuk mengatur stok barang yang keluar dan masuk. Tidak perlu menggunakan tempat yang sangat besar, tapi anda cukup memanfaatkan etalase, rak, atau Gudang untuk menyimpan barang stok dari bisnis anda.

2.     Membuat daftar barang

Daftar barang sangat dibutuhkan untuk memanajemen stok barang. Cara ini harus dilakukan agar lebih tepat dan terpercaya. Membuat daftar barang merupakan hal utama yang harus anda lakukan sebelum mulai mengelola stok barang di Gudang. Setidaknya anda harus menugaskan satu orang yang harus bertanggung jawab untuk melakukan semua jenis pencatatan.

Termasuk melakukan pencatatan stok barang yang masuk dan keluar. Dengan cara ini anda juga lebih mudah untuk mengetahui stok barang di bulan sebelumnya dan bisa juga menentukan target pemasaran. Selain itu anda juga bisa memperkirakan penjualan pada bulan ini. Data pesanan yang masuk biasanya akan dijadikan sebagai acuan untuk menentukan jumlah persediaan.

Anda bisa mencatat seluruh data stok barang dengan lengkap dan akurat. Dengan adanya daftar barang ini anda dapat mengelola stok barang dengan cara yang lebih baik dan lebih menguntungkan usaha anda.

3.     Mencatat barang dari dan menuju gudang

Mencatat barang yang keluar dan masuk juga harus anda lakukan untuk mengetahui berapa jumlah barang yang keluar dengan pasti. Selain itu anda juga bisa memantau berapa stok barang yang tersedia pada gudang. Anda juga diharuskan untuk menghitung dagangan dan persediaan yang berada di gudang serutin mungkin.

Kemudian hasilnya dibandingkan dengan jumlah stok yang ada di catatan persediaan. Dengan cara ini setidaknya anda mampu membandingkan nilai persediaan sekarang dengan persediaan sebelumnya sehingga anda bisa melihat perkembangan usaha. Tujuan pengadaan ini adalah mencegah kerugian perusahaan, mengetahui jumlah stok barang yang sebenarnya, dan mengatur barang keluar dan masuk dari perusahaan.

4.     Memperkirakan stok barang di gudang

Membuat perkiraan stok barang bisa dimulai dengan menghitung jumlah persediaan yang dibutuhkan pada periode ini. Perhitungan tidak mudah terutama jika anda punya jenis penjualan produk yang beragam dan anda harus menentukan jumlah per item produk anda.

Jika anda bisa melakukan perhitungan dengan lebih mudah, anda dapat menggunakan bantuan aplikasi stok barang. Ada banyak fitur yang bisa anda manfaatkan untuk mengontrol stok dengan lebih baik.

5.     Memisahkan stok lama

Dengan anda memisahkan stok barang baru dan lama sangat penting anda lakukan agar tidak kebingungan dalam melakukan catatan dan perhitungan stok barang. Anda juga lebih mudah untuk menghitung jumlah stok lama yang terjual dan belum terjual. Untuk mengurangi kerugian lebih baik anda mengeluarkan stok yang lebih lama lebih dahulu.

6.     Memberi kode penanda pada barang dengan aplikasi stok barang

Cara mengelola stok dengan benar yang termasuk memberikan kode pada setiap barang jualan anda. Memberi kode ini berguna untuk memudahkan untuk mengenali dan menyebutkan jenis barang dengan lebih spesifik dalam waktu yang lebih singkat.

Cara kelola stok barang dengan rapi jadi lebih penting jika anda menyediakan barang dalam jumlah yang besar dengan warna, motif, dan model yang berbeda. Selain itu, anda bisa menggunakan kode untuk membuat proses pengelompokkan peletakan barang di gudang akan semakin mudah.

Manfaat Utama Menggunakan Software Aplikasi Stok Barang

Bagi pelaku bisnis, menggunakan software untuk stok barang sangat memberikan manfaat yang sangat besar. Menggunakan software ini menjadi salah satu solusi cerdas untuk meninggalkan pencatatan manual yang hanya akan membuat diri anda ribet. Selain itu software ini juga akan meningkatkan strategi penjualan. Selain itu anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat di bawah ini.

1.     Mencatat dalam waktu yang singkat

Dengan beralih ke software stok barang yang sudah berbasis online, anda bisa melakukan pencatatan kapan saja dan dimana saja dalam waktu yang singkat. Selain itu anda juga bisa melakukan pencatatan secara otomatis sehingga membuat bisnis anda menjadi lebih efisien. Selain itu dengan mencatat dalam software akan mengurangi kelalaian petugas.

2.     Memantau ketersediaan barang kapan saja dengan aplikasi stok barang

Memantau ketersediaan barang bisa dilakukan dengan mudah dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Tinggal anda membuka software – nya maka anda bisa melihat jumlah barang yang tersedia saat itu juga. Selain itu anda juga akan jauh lebih mudah jika ingin melihat stok barang tertentu karena bisa diakses dengan mudah.

3.     Membuat faktur yang user friendly

User friendly dan mudah digunakan merupakan salah satu fasilitas yang harus dimiliki oleh software stok barang. Setidaknya software tersebut bisa membuat penawaran dan faktur ke pelanggan dengan cara yang mudah dan cepat.

Alasan utama untuk mulai beralih menggunakan aplikasi stok barang ini adalah anda harus meninggalkan cara lama dalam pencatatan dan perhitungan stok barang dalam gudang bisnis anda. Selain itu anda juga harus mengenal perkembangan teknologi yang otomatis dan terintegrasi. Anda juga bisa menghemat waktu dan biaya jika anda merupakan pebisnis dalam jumlah persediaan yang cukup besar.

Anda tidak perlu mencari data barang satu – persatu dalam waktu yang lama karena semua stok barang bisa dilacak secara real time. Selain itu anda juga dapat memantau persediaan barang kapan saja dan dimana saja. Setelah anda mengenal aplikasi stok barang dan berbagai manfaatnya yang bisa anda raih saat sudah menggunakannya nanti.

Sekarang mulailah untuk melihat – lihat jenis aplikasi mana yang sesuai dengan anda dan bisnis yang sedang anda jalankan. Aplikasi ini sangat penting untuk bisnis anda, alangkah baiknya anda memilih aplikasi yang berkualitas.

Aplikasi stok barang by mekari adalah sebuah software yang dirancang untuk membantu anda dalam pengelolaan data persediaan barang dengan lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan jika anda melakukan pencatatan manual yang sangat merepotkan. Anda juga mampu meminimalisir kesalahan dalam pencatatan apabila menggunakan software ini.

Mekari adalah salah satu perusahaan SaaS terbaik yang memiliki software stok barang terbaik dan terlengkap. Anda bisa menggunakan software ini dengan software akuntansi karena sudah terintegrasi untuk menghitung biaya dan revenue dari suatu barang.

Fitur utama dalam software ini adalah dapat mengelola barang berdasarkan kategori, mengetahui barang yang paling laris terjual, manajemen multi gudang, laporan stok barang, dan masih ada banyak fitur yang lain bisa anda rasakan. Versi yang tersedia untuk aplikasi stok barang by mekari ini berupa aplikasi ponsel dan web.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button