Market

Ini 10 Jenis Usaha Toko yang Menjanjikan dan Tips Untuk Memulainya

Mendirikan suatu usaha atau bisnis bukanlah hal yang mudah, sebab butuh ketekunan dan pengetahuan di bidang yang akan digelutinya. Saat ini, beberapa bidang usaha seperti kuliner, fesyen, atau bahkan sembako menjadi jenis usaha toko yang sering dipilih karena dipercaya cepat mendatangkan untung.

Bagi Anda yang ingin mulai usaha, memahami jenis usaha toko sesuai dengan kemampuan menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Selain kemampuan, pelaku bisnis juga harus bisa melihat pasar serta kebutuhan yang ada di sekitarnya saat hendak membuka usaha toko.

Mungkin anda suka

Hal tersebut dapat memudahkan Anda dalam pemilihan jenis usaha toko apa yang bisa dilakukan di lingkungan tempat tinggal. Lantas, apa saja bisnis toko yang menjanjikan? Berikut beberapa daftarnya.

Ada beberapa jenis usaha toko yang menjanjikan di tahun ini, mulai dari usaha makanan hingga sembako. Berikut beberapa pilihannya.

1. Toko Pakaian

Usaha Toko Menjanjikan 2023
Foto: Gettyimages

Membuka toko pakaian menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Sebab, saat ini banyak orang yang lebih menyukai pakaian merek lokal dengan harga yang masih terjangkau.

Selain itu, pakaian merupakan kebutuhan primer yang akan dibutuhkan setiap saat. Sehingga hal ini akan meningkatkan peluang dalam mendapatkan keuntungan.

2. Toko Sembako

Rice For Sale In Hsipaw, Thibaw, Shan State, Myanmar, Burma - inilah.com
Foto: Gettyimages

Toko sembako juga menjadi sebuah peluang besar dalam membuka bisnis usaha toko. Sebab, setiap orang pasti membutuhkan bahan pokok seperti beras, minyak, gula, dan lain-lainnya.

Anda bisa memulai bisnis ini secara kecil-kecilan dengan membuka toko di rumah. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan pelanggan dari lingkungan sekitar.

3. Laundry

Young Woman Hearing Music With Earphones In A Launderette. - inilah.com
Foto: Gettyimages

Laundry atau pencucian pakaian menjadi bisnis lainnya yang menjanjikan. Saat ini kesibukan orang semakin meningkat dan membuat mereka kesulitan dalam melakukan pekerjaan rumah, salah satunya mencuci pakaian.

Anda bisa memulai dengan membuka jasa laundry ini di rumah tanpa menyewa ruko dengan harga yang tinggi. Gunakan teknik pemasaran dari mulut ke mulut dan gunakan media sosial agar usaha Anda lebih dikenal banyak orang.

4. Agen Pulsa dan Pembayaran Online

Female Hand Holding Credit Card Partially In Screen Of A Digital Tablet - inilah.com
Foto: Gettyimages

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat semuanya dilakukan secara online. Melihat hal tersebut, Anda bisa membuka usaha pembayaraan online seperti PLN, BPJS, dan lainnya.

Selain pembayaraan online, usaha toko agen pulsa bisa menjadi pilihan lainnya. Tidak perlu toko yang besar, bisnis toko tersebut bisa dibuka dan dilakukan di rumah saja.

5. Toko Penyewaan Perlengkapan Bayi

Gettyimages 1214964145 612x612 - inilah.com
Foto: Gettyimages

Saat ini tidak semua orang berpikir untuk membeli semua perlengkapan bayi seperti kereta dorong bayi (stoler) hingga mainannya. Sebab, bayi akan tumbuh dengan cepat sehingga banyak orang berpikir jika akan membuang dana berlebih saja.

Dengan melihat hal tersebut, Anda bisa menggunakannya sebagai peluang usaha penyewaan perlengkapan bayi. Berikan beberapa pelanggan dengan produk-produk yang lebih beragam dalam usaha penyewaan tersebut agar lebih menarik.

6. Toko Galon Air Mineral

Toko galon air mineral menjadi salah satu usaha toko menjanjikan
Foto: Gettyimages

Selanjutnya, usaha toko yang menjanjikan adalah toko galon air mineral. Kebutuhan air minum setiap hari bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Dengan kebutuhan tersebut, Anda bisa membuka toko galon air mineral kecil di rumah sendiri pada tahapan awal merintis bisnis.

7. Toko Mainan Anak

Gettyimages 538198170 612x612 - inilah.com
Foto; Gettyimages

Membuka toko mainan anak juga bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan. Pasalnya, mengutip dari laman data Indonesia, jumlah anak di Indonesia 30,73 juta jiwa pada 2022.

Dengan mellihat kebutuhan tersebut, Anda dapat membuka toko mainan anak dengan ragam jenis mainan yang disukai anak-anak.

8. Toko Alat Tulis

Colorful Pens On The Shelf - inilah.com
Foto: Gettyimages

Toko alat tulis juga bisa menjadi pilihan yang tepat, terlebih ketika dibuka dekat dengan sekolah atau pun kantor.

Untuk lebih menambah keuntungan, Anda bisa membuka toko alat tulis ini via online. Sehingga konsumen yang membeli akan lebih tersebar di beberapa wiyalah lainnya.

9. Kuliner

Gettyimages 1394794846 612x612 - inilah.com
Foto: Gettyimages

Selanjutnya, membuka toko makanan atau minuman bisa menjadi pilihan yang menarik. Terlebih saat ini banyak masyarakat yang menyukai wisata kuliner.

Anda bisa membuka coffee shop atau bahkan jenis makanan lainnya yang dapat diterima oleh semua kalangan seperti makanan rumahan.

10. Toko Aksesori

Toko Aksesori Menjadi Usaha Toko yang Menjanjikan
Foto: Gettyimages

Bagi Anda yang ingin berbisnis kecil-kecilan, membuka toko aksesori seperti kalung, gelang, atau tas kecil bisa menjadi pilihan lainnya.

Terlebih ketika Anda memiliki kemampuan dalam pembuatannya, bisa menjadikan pengembangan kemampuan juga.

Tips Membuka Usaha Toko

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, membuka usaha toko bukanlah hal yang mudah. Selain mengetahui apa yang akan dijual, Anda juga harus melakukan riset, membuat merek, dan lainnya. Berikut tips untuk membuka usaha toko agar usaha lebih tahan lama dan berjalan lancar.

1. Riset

Gettyimages 945337410 612x612 - inilah.com
Foto: Gettyimages

Sebelum membuka usaha, hal pertama yang harus dilakukan selain mengetahui apa yang ingin dijual adalah riset. Lakukan riset apa saja yang sedang diminati oleh masyarakat.

Selanjutnya indentifikasi target pasar yang akan dituju, apakah anak remaja, dewasa, atau anak-anak. Dengan cara ini Anda bisa menentukan jenis barang apa yang hendak dijual.

2. Analisis Kompetitor

Beautiful Young Woman With Smartphone Receiving Parcel Purchased Online - inilah.com
Foto; Gettyimages

Menganalisis kompetitor bisa berguna untuk mengetahui celah dari kompetitor bisnis Anda. Dengan mengetahui kelemahan kompetitor, Anda dapat menjadikannya sebagai unique selling point bisnis yang akan dilakukan.

3. Buat Brand atau Merek

Membuat Brand Menjadi Salah Satu Tips Membuka Usaha Toko
Foto: Gettyimages

Hal lainnya yang harus dilakukan adalah membuat brand atau merek. Buatlah merek yang mudah diingat orang lain sehingga produk Anda bisa lebih unggul daripada produk lainnya. Buat juga brand yang menarik perhatian, mulai dari warna, nama, dan bentuk pemasarannya.

4. Buat Rencana Bisnis

Woman Sketching A Business Plan On A Placard At A Creative Office - inilah.com
Foto: Gettyimages

Dengan membuat rencana bisnis yang matang, Anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih terarah dan jelas. Rencana bisnis ini terdiri dari jumlah modal yang akan dikeluarkan, rencana pemasaran, dan program yang akan dilaksanakan selama bisnis dijalankan. Dalam catatatn akhir, buat evaluasi bisnis yang Anda kerjakan selama ini.

5. Pemasaran Online

Pemasaran Online Tips Membuka Usaha Toko
Foto: Gettyimages

Teknologi yang semakin berkembang memudahkan para wirausahawan dalam pemasaran produknya. Anda bisa mengambil keuntungan dari hal tersebut dengan melakukan pemasaran online.

Gunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok dan lainnya untuk melakukan pemasaran online atau bahkan untuk membuat konten menarik yang bisa mendatangkan pelanggan.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button