Viral

Jepang Gelar Prosesi Pemakaman Shinzo Abe

Pemerintah Jepang menggelar prosesi pemakaman kenegaraan bagi mantan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe di aula Nippon Budokan, pusat Kota Tokyo, Selasa (27/9/2022).

Upacara dimulai pukul 14.00 waktu setempat (12.00 WIB) dengan abu Abe dibawa ke ruangan aula oleh istrinya, Akie, diiringi musik dari band militer dan dentuman penghormatan penjaga kehormatan.

Di dalam Budokan, yang lebih dikenal sebagai tempat konser, sebuah potret besar Abe terbungkus pita hitam tergantung di atas deretan bunga hijau, putih dan kuning. Di sekitarnya, ada foto yang menunjukan Abe berjalan-jalan dengan para pemimpin G7, berpegangan tangan dengan anak-anak, dan mengunjungi daerah bencana.

pemakaman abe

Sementara itu, ribuan pelayat membanjiri tempat pemakaman sejak Selasa dini hari. Dalam beberapa jam, sekitar 10.000 orang telah meletakkan bunga dan membungkuk dalam doa di depan gambar Abe.

Pemakaman ini juga dihadiri puluhan kepala negara dunia seperti Wakil Presiden AS Kamala Harris, PM India Narendra Modi, dan Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly. Dari Indonesia, Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan hadir dalam prosesi itu.

Pemakaman Abe

Abe sendiri merupakan PM terlama dalam sejarah Jepang. Sosok kelahiran Shinjuku itu menjadi PM pada 2006-2007 dan juga 2012-2020.

Ia meninggal dunia pada 8 Juli lalu setelah ditembak saat mengadakan kampanye terbuka untuk partainya di wilayah Nara.

Pelaku penembakan teridentifikasi sebagai Tetsuya Yamagami. Ia telah mengatakan kepada penyelidik bahwa ia menargetkan politisi itu karena hubungannya dengan Gereja Unifikasi.

Pemakaman Abe

Yamagami mengatakan ia menyimpan dendam dua dekade terhadap gereja itu setelah ibunya, seorang anggota, menyumbangkan sejumlah besar uang kepada organisasi itu. Sumbangan ini membuat keluarganya bangkrut.

Abe sendiri sebenarnya bukan anggota Gereja Unifikasi. Namun ia sempat mengirim pesan video ucapan selamat ke acara yang berafiliasi dengan gereja itu pada gugur lalu.

Sementara itu, opini publik terpecah ketika PM Jepang Fumio Kishida memutuskan mengadakan pemakaman kenegaraan. Salah satu yang menjadi kontroversi adalah dana prosesi ini yang mencapai 1,66 miliar yen (sekitar Rp173 miliar). Ini lebih mahal dari pemakaman Ratu Elizabeth II di Inggris yang ‘hanya’ setara 1,3 miliar yen.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button