Viral

Jokowi Restui Prabowo Maju Nyapres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui memberi restu Menhan Prabowo Subianto untuk maju pada Pilpres 2024. Jokowi menyatakan tidak etis dirinya melarang anggota kabinet untuk terjun berkontestasi pada pilpres mendatang.

Dia juga tidak keberatan jika izin yang diberikan diartikan sebagai restu kepada Prabowo, yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, sekaligus kompetitornya pada Pilpres 2019 dan 2014 yang lalu. “Silakan bahwa itu ditafsirkan sebagai restu. Ya silakan saja,” kata Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Mungkin anda suka

Jokowi mengakui pula Prabowo telah minta izin kepadanya. “Istilahnya, saya kira, karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan. Ndak, kan enggak begitu. Ya, silakan,” kata dia.

Dirinya mengatakan, dalam sistem demokrasi, semua orang bisa maju pada pilpres asalkan memenuhi sejumlah syarat termasuk anggota kabinet. Secara terpisah, Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Rapimnas Partai Gerindra, yang dihadiri 8.500 kader, di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, menghendaki Prabowo Subianto maju sebagai capres.

Muzani mengatakan salah satu hal yang melandasi suara kader Gerindra bulat mendukung Prabowo sebagai capres ialah karena sosok mantan Pangkostrad itu dinilai populer dari hasil survei dan tidak pernah bergeser dari komitmen menjaga keutuhan negara RI. Sedangkan untuk kandidat cawapres nantinya bakal ditentukan oleh Prabowo selaku ketua dewan pembina sekaligus ketua umum partai.

“Soal (calon) wapres, soal koalisi dan seterusnya, semua diserahkan kepada kebijakan dan keputusan dewan pembina,” ungkap Muzani pada sela-sela Rapimnas Partai Gerindra di Sentul.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button