Kanal

Kenali Lebih Dekat, Bea Cukai Beri Edukasi pada Pelajar melalui School goes to Customs

Rabu, 28 Sep 2022 – 20:16 WIB

Mungkin anda suka

Foto: ist

Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan Negara Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Mendukung hal tersebut, Bea Cukai secara terbuka memberikan edukasi dan informasi kepada para pelajar di seluruh Indonesia melalui program bertajuk “School goes to Customs”. Program ini merupakan bentuk kolaborasi Bea Cukai dengan sekolah-sekolah di daerah untuk pengembangan materi intrakurikuler sekaligus sebagai sarana pengenalan Bea Cukai kepada para pelajar melalui kunjungan ke Kantor Bea Cukai.

“Bea Cukai turut mendukung pembelajaran pada pelajar sebagai bentuk pengembangan diri dan pengenalan profesi, khususnya profesi di bidang kepabeanan dan cukai. Kami berharap pembelajaran ini dapat memberikan dan mempeluas sudut pandang tentang profesi Bea Cukai kepada seluruh peserta,” ungkap Hatta Wardhana, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Dalam rangka mengenalkan profesi Bea Cukai kepada para pelajar, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur (Bali Nusra) menerima kunjungan belajar dari Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Kuta, pada Selasa (20/09). Kunjungan ini sebagai bagian dari pengenalan profesi kepada para siswa/siswi untuk mengembangkan minat dan bakat. Selain pemberian materi, para pelajar diajak untuk bermain peran seolah-olah menjadi Pegawai Bea Cukai, kemudian dilanjutkan dengan menuliskan cita-cita pada secarik kertas dan menggantungkannya pada pohon buatan bernama “Pohon Impian”. Terakhir, para pelajar diajak menyaksikan atraksi unit K-9 Bea Cukai dalam simulasi pemeriksaan dan pengawasan atas masuknya barang berbahaya berupa narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang).

Sebelumnya, di Batam, sebanyak 51 pelajar SMK Maitreyawira melakukan kunjungan belajar ke Bea Cukai Batam, pada Senin (19/09). Kunjungan ini untuk memberikan pemahaman pada pelajar akan pentingnya fungsi Bea Cukai bagi perekonomian dalam negeri. Para pelajar juga diberi gambaran mengenai Batam sebagai kawasan bebas, serta tantangan dan peluang yang dihadapi Bea Cukai dalam mengawasi peredaran barang di kawasan bebas.

Selain itu, para pelajar juga disuguhkan penampilan dari Luigi, salah satu K-9 Bea Cukai yang berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba seberat kurang lebih 101 gram. Luigi menunjukkan kepiawaiannya dalam mengendus narkoba yang disembunyikan dalam barang bawaan penumpang. Materi ditutup dengan video aksi Marine Customs yang sedang melakukan patroli laut di wilayah perairan Batam.

Sementara itu, di Pangkalpinang, Bea Cukai Pangkalpinang mendapatkan kunjungan dari pelajar SMK Negeri 1 Sungailiat, pada Kamis (22/09). Selain mengenalkan tugas dan fungsi Bea Cukai, para pelajar juga diberikan edukasi mengenai penipuan mengatasnamakan Bea Cukai. Tingginya arus peredaran barang dari luar negeri menyebabkan munculnya penipu yang mengaku petugas Bea Cukai demi meraup keuntungan pribadi. Melalui edukasi ini, diharapkan para pelajar dapat menyebarluaskan informasi ini dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan adanya oknum penipuan mengatasnamakan Bea Cukai.

“Pelajar adalah generasi muda penerus cita-cita bangsa. Kami berharap para pelajar yang terlibat dalam kunjungan ke Kantor Bea Cukai bisa menjadi anak-anak emas yang bisa melanjutkan estafet kepemimpinan Indonesia,” pungkas Hatta.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button