Viral

KPK Beberkan Peran Bendum DPC Partai Demokrat dalam OTT Bupati Penajam Paser Utara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap peran Bendahara Umum (Bendum) DPC Partai Demokrat Balikpapan, Nur Afifah Balqis.

Nur Afifah bersama-sama Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud dan empat orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka suap proyek dan perizinan.

Nur Afifah ditetapkan tersangka lantaran diduga membantu Abdul Gafur menyimpan uang suap yang diterima orang nomor satu di Penajam Paser Utara itu. Abdul Gafur sendiri merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan.

“Tersangka AGM (Abdul Gafur Mas’ud) diduga bersama tersangka NAB (Nur Afifah Balqis), menerima dan menyimpan serta mengelola uang-uang yang diterimanya dari para rekanan didalam rekening bank milik tersangka NAB yang berikutnya dipergunakan untuk keperluan tersangka AGM,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

KPK menduga Nur Afifah merupakan orang kepercayaan Abdul Gafur yang mengurus penerimaan uang suap dalam kasus ini. Nur Afifah juga diduga membantu untuk mengatur keuangan yang diterima dari hasil suap untuk dibelikan kebutuhan pribadi Abdul Gafur. Bahkan, Nur Afifah ditangkap saat bersama Abdul Gafur di sebuah mal di Jakarta.

Dalam OTT itu, tim satgas turut menyita uang tunai senilai Rp 1 miliar yang diduga berasal dari para rekanan. Uang tersebut disimpan dalam sebuah tas koper yang disediakan Nur Afifah.

“Ditemukan pula uang tersimpan dalam rekening bank milik NAB sejumlah Rp447 juta yang diduga milik tersangka AGM yang diterima dari para rekanan,” tutur Alex.

Kelima tersangka lainnya kasus ini, yakni Achmad Zuhdi alias Yudi yang merupakan pihak swasta; Plt Sekda Penajam Paser Utara, Mulyadi; Kadis PUTR Penajam Paser Utara, Edi Hasmoro; Kabid Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Jusman; serta Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan, Nur Afifah Balqis.

Ivan Setyadhi

Dreamer, Chelsea Garis Biru, Nakama, Family Man, Bismillah Untuk Semuanya, Alhamdulillah Atas Segalanya
Back to top button