Arena

Kunci Tiket Piala Dunia 2022 di Qatar, Serbia Permalukan Cristiano Ronaldo Cs

Tim nasional Serbia memesan satu tempat ke Qatar untuk tampil di putaran final Piala Dunia 2022, selepas mengalahkan tuan rumah Portugal 2-1 dalam laga pemungkas Grup A kualifikasi zona Eropa di Stadion da Luz, Lisbon, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Serbia membukukan kemenangan secara dramatis, lantaran tertinggal akibat gol cepat. Serbia baru mengunci tiga poin lewat gol di ujung waktu normal.

Mungkin anda suka

Adalah Renato Sanches yang membukukan gol kilat di menit kurang dari dua menit permainan.
Renato berhasil mengejar bola liar setelah Bernardo Silva mengganggu pergerakan Nemanja Gudelj di area pertahanan Serbia. Sekali ceplos, bola pun masuk. Spontan, Stadion da Luz bergemuruh.

Mendapat gol kejutan ini, tim Serbia menambah daya dobraknya, Dan, tembakan Dusan Vlahovic nyaris menyamakan skor. Namun kandas, bola yang menghantam tiang gawang disambar penyerang Fiorentina namun masih melambung dari sasaran.

Kerja keras Serbia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-33, saat tembakan Dusan Tadic gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Rui Patricio yang membuat bola malah masuk ke gawang Portugal.

Kedua tim terus berjuang mencari kemenangan dan megabintang Cristiano Ronaldo tak kunjung mampu memimpin Portugal untuk mendapatkan gol yang mereka buru.

Portugal sebetulnya bisa melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 apabila meraih hasil imbang, tetapi hal itu buyar begitu saja tepat pada menit ke-90 saat Aleksandar Mitrovic mencetak gol untuk Serbia.

Berawal dari umpan silang menawan kiriman Tadic ke area tiang jauh, Mitrovic menyambutnya dengan tandukan memantul rumput yang cukup untuk memperdaya Patricio.

Ronaldo, nyaris merebut panggung pertandingan pada menit ketiga injury time lewat percobaan spektakuler yang sayangnya masih terlalu tinggi di atas mistar gawang dan melayang seperti harapan Portugal untuk meraih tiket otomatis Piala Dunia 2022.

Serbia berakhir menjadi juara Grup A dengan raihan 20 poin, menggusur Portugal (17) yang harus puas jadi runner-up dan akan melanjutkan perjuangan mereka ke Qatar lewat fase playoff, demikian catatan laman resmi UEFA. Portugal masih menunggu hasil undian lawan mereka di babak semifinal playoff zona Eropa yang nantinya akan memperebutkan sisa tiga tiket putaran final Piala Dunia 2022 pada Maret tahun depan.

Dalam pertandingan Grup A lainnya, Republik Irlandia melanjutkan tren positif mereka dengan mengalahkan Luksemburg 3-0 saat bertandang ke kandang lawan. Gol-gol Shane Duffy, Chiedozie Ogbene dan Callum Robinson membuat Irlandia kini melewati tiga laga kompetisi resmi tanpa kekalahan dan menangguk dua kemenangan.

Irlandia finis di posisi ketiga klasemen berbekal keunggulan selisih gol dibandingkan Luksemburg, kendati sama-sama mengoleksi sembilan poin.

Iwan Purwantono

Mati dengan kenangan, bukan mimpi
Back to top button