Kanal

Lewat Optimalisasi Layanan Kepabeanan, Bea Cukai Dukung Kemajuan Pariwisata dan Pendidikan Indonesia

Kamis, 21 Jul 2022 – 18:20 WIB

Mungkin anda suka

Bea Cukai sukseskan kegiatan Wonderful Sail to Indonesia dan Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional

Sejalan dengan pemenuhan tugas dan fungsinya sebagai trade facilitator dan industrial assistance, Bea Cukai juga turut mendukung kemajuan dua sektor penting pembangunan bangsa ini, yaitu sektor pariwisata dan pendidikan. Melalui optimalisasi layanan kepabeanan, Bea Cukai ikut andil sukseskan kegiatan “Wonderful Sail to Indonesia” dan Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional yang digelar di bulan Juli ini.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Kamis (21/7/2022) mengatakan dalam pelaksanaan Wonderful Sail to Indonesia di Pelabuhan Uf-Mar, Maluku Tenggara, Bea Cukai Tual memberikan kemudahan pelayanan dokumen kepabeanan bagi kapal wisata (yacht) yang ikut serta dalam acara ini.

“Setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, akhirnya ajang internasional yang merupakan salah satu bentuk promosi destinasi wisata yang berada di Wilayah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara tersebut kembali digelar. Untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan acara tersebut, Bea Cukai bersinergi dengan Imigrasi, Karantina, Syahbandar, dan instansi terkait lainnya di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual berupaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas instansi masing-masing. Bea Cukai sendiri membantu melayani pemasukan dan pengeluaran yacht peserta acara, dan memastikan seluruh aturan kepabeanan yang berlaku telah terpenuhi dengan baik,” jelasnya.

Diharapkan dengan terselenggaranya kembali acara ini, dapat membuat destinasi wisata di wilayah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara lebih dikenal luas dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Dukungan Bea Cukai melalui optimalisasi layanan kepabeanan juga tercermin dalam pelaksanaan ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional. Dijelaskan Hatta, dalam upaya mendukung kreativitas dan inovasi anak bangsa, Bea Cukai Batam memberikan fasilitas pengeluaran sementara terhadap barang-barang yang digunakan oleh Politeknik Batam dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional tahun 2022. Fasilitas berupa persetujuan pengeluaran sementara untuk tujuan tertentu dari kawasan bebas Batam menuju tempat lain dalam daerah pabean terhadap barang-barang keperluan lomba robotik diberikan guna melancarkan Politeknik Batam melaju di kompetisi robot tersebut pada pada 29 Juni-3 Juli 2022 lalu di Surabaya.

Politeknik Batam menjadi wakil dari kota Batam dalam ajang kompetisi KRI tingkat nasional tersebut. Sebanyak 121 tim dari 54 kampus se-Indonesia bersaing untuk menjadi yang terbaik pada setiap kategori lomba. Barelang Robotics Team, demikian sebutan tim robot kebanggaan Politeknik Batam, adalah tim robot yang telah memiliki sejarah panjang dan prestasi yang cukup membanggakan dengan banyak menjuarai kontes-kontes robot baik di tingkat wilayah, nasional maupun internasional.

Di ajang KRI 2022, Barelang Robotics Team menurunkan robot-robotnya untuk berlaga di lima kategori lomba, yaitu Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Beroda Indonesia (KRSBBI), Kontes Robot Search and Rescue Indonesia (KRSRI), dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Dan pada lomba KRI tingkat nasional tersebut, tim robot Polibatam berhasil meraih Juara 2 pada kategori KRSBI Humanoid.

Hatta menyatakan bahwa upaya dan fasilitas yang diberikan oleh Bea Cukai Batam semata-mata untuk mendukung anak-anak bangsa khususnya di kota Batam untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mereka. “Bea Cukai tidak ingin kreativitas dan inovasi anak-anak bangsa terhambat hanya karena permasalahan pengeluaran barang. Untuk itu, Bea Cukai Batam berupaya memberikan fasilitas terbaik untuk memudahkan tim robot Polibatam melaju dalam kompetisi robotik tersebut, sehingga melahirkan talenta-talenta luar biasa dari dalam negeri. Diharapkan dengan upaya dan fasilitas yang diberikan, ke depannya akan lebih banyak inovasi yang diberikan oleh anak-anak bangsa untuk negeri tercinta,” pungkasnya.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button