Viral

Mengenang Lily Wahid, Punya Hobi Membaca Buku Pelajaran dan Komik Silat

Hajjah (Hj) Lily Chodidjah binti K.H.A Wahid Hasyim wafat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Senin sore (9/5/2022). Adik kandung Presiden Ke-4 RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang memiliki sapaan akrab Lily Wahid ini meninggal dunia dalam usia 74 tahun setelah menjalani perawatan medis di RSCM akibat gangguan pada jantungnya.

Lily lahir pada 4 Maret 1948 anak kelima dari pasangan suami istri KH. A. Wahid Hasyim dengan Ibu Nyai Solichah A. Wahid Hasyim. Usianya baru lima tahun ketika sang ayah pergi wafat meninggalkannya. Setelah itu bersama empat kakaknya, ia mendapatkan pengasuhan ibunya yang sedang mengandung. Ibu dan kakaknya berjasa besar dalam menanamkan ajaran agama padanya. Setiap hari, Lily dan kakak-kakaknya diajari ibunya membaca Al-Quran dan pelajaran agama lainnya. Terkadang KH. Bisri Syansuri yang merupakan kakek dari pihak ibunya datang berkunjung dan mengajari mereka membaca Al-Quran. KH Bisri sangat memperhatikan tajwid dalam melafalkan bacaan-bacaan Al-Quran.

Lily merupakan pribadi yang memiliki kegemaran membaca dan seni. Bukan hanya pelajaran yang menjadi bahan bacaan, tetapi juga komik silat. “Kalau sudah membaca komik sambil makan kuaci di pojok rumah, sudah tidak ingat apa-apa seharian,” kata Lily seperti dikutip dari laman Ponpes Tebuireng,

Semasa hidupnya, Lily juga menyukai lagu dan musik. Saat itu, beliau bersama kakak-kakaknya sudah berkacamata. Padahal, belum banyak anak-anak yang berkaca mata. Mereka juga suka menonton film di bioskop. Karena malu semuanya memakai kacamata, sehingga sebelum pergi, mereka mengundi dengan tangan untuk menentukan siapa yang harus melepaskan kacamata.

Lily Wahid memiliki tiga anak dari suaminya yang wafat tahun 1987. Pertama, Nurul Fatchiati (Nungki) yang bekerja di Kompas dan kini di Yogyakarta. Kedua, Riri, menetap di Gresik dan menjadi karyawan BUMN. Terakhir Maria Adviani (Vivi), lulusan Institut Pertanian Bogor. Mereka semua telah dewasa.

Karir Politik

Terkait karir politik, Lily pernah menjabat wakil ketua Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pada Pemilu 2009, Lily melenggang ke DPR setelah memenangkan pertarungan di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur II sebagai anggota DPR periode 2009-2014. Lily duduk di Komisi I DPR RI yang membidangi Kementerian Luar Negeri Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, Badan Intelijen Negara, Kementerian Pertahanan, dan TNI.

Jenazah Lily Wahid disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor. Jenazah almarhumah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Selasa besok (10/5/2022).

Back to top button