Viral

Pakai Sepeda Gowes dan Berkaos Biru, Menteri Sandi Ngelayat ke Rumah Arifin Panigoro

Mengenakan sepeda gowes berwarna biru sama dengan warna t-shirt, penampilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno bikin kaget. Dia hadir di rumah Arifin Panigoro, Jenggala I No2, Jakarta Selatan, Senin (28/2/2022).

Sempat berbicara sejenak dengan sejumlah sekuriti, Menteri Sandi yang melenggang tanpa ada pengawal, menarik perhatian para wartawan yang berada di depan kediaman Arifin Panigoro, politisi sekaligus pengusaha yang hari ini meninggal dunia di Amerika Serikat.

Rupanya, Menteri Sandi sengaja mampir untuk menyampaikan duka cita sekaligus menawarkan sejumlah bantuan. “Saya sebenarnya mau datang abis Ashar. Kebetulan lewat karena mau ke rumah orang tua, saya mampir. Jadi mohon maaf pakaian begini saja,” ungkap Menteri Sandi kepada wartawan, Senin (28/2/2022).

Dia mengaku sangat kehilangan sosok Arifin Panigoro. Pengusaha pribumi sektor migas yang sukses dan humble. Begitu kuat keinginannya untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara. “Banyak ilmu kami dapat, selain pengusaha beliau pejuang ekonomi rakyat. Kami sangat berduka cita. Pernah bermitra bersama. Saya merasakan benar bagaimana beliau mendidik kita. semoga beliau husnul khatimah,” ungkap Sandi.

Menteri Sandi begitu terkesan dengan filosofi hidup Arifin panigoro. Menjadi pengusaha jangan hanya berpikir cari untung. Namun sebaliknya, kontribusi apa yang bisa diberikan untuk negara.

“Banyak yang saya petik dari beliau. bagaimana menjadi pengusaha jangan hanya memikirkan apa yang kita dapat, tetapi apa yang bisa kita kontribusikan kepada bangsa dan negara. misalnya kebangkitan ekonomi, jumlah lapangan kerja dan kapasitas sumber daya manusia Indonesia yang perlu terus ditingkatkan,” tuturnya.

Satu hal yang dikagumi Menteri Sandi dari sosok Arifin Panigoro. “Jangan hanya puas menjadi pengusaha yang jago kandang. Investasinya harus bisa ke luar negeri. Alhasil beliau sukses menjadi pioner sebagai salah satu investor di luar negeri,” tuturnya.

Sekitar enam bulan lalu, kata Menteri Sandi, sempat bertemu dengan Arifin dalam sebuah acara pernikahan. Selanjutnya, sebagai Menteri pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandi berkomunikasi melalui zoom meeting dengan Arifin Panigoro selaku Wantimpres.

“Saat itu beliau masih sehat. Itu sekitar enam bulan lalu. Beberapa bulan lalu, saya dengar beliau sakit dan memerlukan perawatan di AS. Waktu itu saya ikut mendoakan supaya beliau sehat kembali,” bebernya.

Dia juga menyampaikan, Arifin Panigoro adalah jamaah tetap salat Jumat di Mesjid At Taqwa di kawasan Jenggala. Kebetulan, masjid tersebut merupakan masjid milik Keluarga Sandiaga.

“Keluarga saya kenal baik dengan keluarga beliau. Beliau jamaah tetap di masjid keluarga yakni At Taqwa di Jenggala I. Mungkin kita bisa siapkan apa saja yang bisa kami bantu,” pungkasnya.

Iwan Purwantono

Mati dengan kenangan, bukan mimpi
Back to top button