Viral

Pelosi Kunjungi Taiwan, Rusia Sebut AS Mengacaukan Dunia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov menilai kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan sengaja untuk memancing emosi China.

“Saya tidak melihat alasan lainnya untuk memicu kekesalan semacam itu, seperti itu hampir tiba-tiba, mengetahui dengan sangat baik apa artinya bagi Republik Rakyat China,” kata Lavrov dikutip dari Reuters, Rabu (3/8/2022).

Mungkin anda suka

Kunjungan Pelosi itu menuai respons keras dari Beijing.

Rusia yang memiliki kemitraan kuat dengan China memberikan dukungan untuk Beijing. Moskow juga memperingatkan AS bahwa kunjungan Pelosi menempatkan negara itu pada jalur yang bertabrakan dengan China.

Rusia mendukung prinsip ‘Satu China’ yang mengakui Taiwan sebagai bagian dari China.

Sebelum Pelosi mengunjungi Taiwan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut AS telah mengacaukan dunia dengan rencana kunjungan itu.

“Washington membawa destabilisasi pada dunia. Tidak ada satu pun konflik yang diselesaikan dalam beberapa dekade terakhir, tetapi banyak memprovokasi konflik,” kata Zakharova.

Pelosi dan rombongan tiba di Taipei pada Selasa (2/8) tengah malam waktu setempat. Pada Rabu (3/8) pagi, Pelosi mengunjungi parlemen Taiwan kemudian mengunjungi kantor Kepresidenan Taiwan untuk bertemu Presiden Tsai Ing-wen.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button