Kanal

Pengawasan dan Pelayanan Prima Bea Cukai Belawan Sambut Wisatawan Asing


Untuk meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum di bidang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai Belawan melakukan pemeriksaan dan pengawasan ketat terhadap sarana pengangkut laut yang memasuki wilayah Indonesia. Upaya ini dilakukan melalui mekanisme patroli laut dan boatzoeking, yakni pemeriksaan langsung terhadap kapal yang memasuki daerah pabean sebelum bersandar di dermaga.

Pada Selasa (21/5/2024), petugas Bea Cukai Belawan melaksanakan boatzoeking terhadap kapal pesiar asing Silver Cloud berbendera Bahamas yang bersandar di Pelabuhan Ujung Baru Belawan. Pemeriksaan ini mencakup verifikasi dokumen, pemeriksaan muatan kapal, serta pemeriksaan fisik barang bawaan penumpang. Kapal pesiar ini membawa rombongan wisatawan mancanegara yang akan mengunjungi berbagai objek wisata di Sumatera Utara.

Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Ahmad Luthfi, menjelaskan bahwa kegiatan boatzoeking ini penting untuk melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan ilegal.

“Boatzoeking Bea Cukai dapat melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan ilegal, serta mengawasi seluruh peredaran barang, baik yang masuk maupun keluar Indonesia. Hal ini dilakukan mengingat tren penyelundupan barang terlarang, seperti narkotika, lebih banyak terjadi melalui sarana pengangkut laut,” ungkapnya, Selasa (4/6/2024).

Selain boatzoeking, Bea Cukai Belawan juga memberikan layanan vessel declaration kepada kapal pesiar Silver Cloud. Layanan ini mencakup izin impor sementara, jaminan, dan pemberitahuan pabean ekspor dalam satu dokumen tunggal, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 261/PMK.04/2015 yang diubah dengan nomor 123/PMK.04/2017 tentang Impor Sementara Kapal Wisata Asing.

Vessel declaration bertujuan untuk memudahkan proses kepabeanan bagi kapal wisata asing yang singgah di Indonesia.

“Melalui layanan vessel declaration, Bea Cukai Belawan berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik kepada stakeholder yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia, sekaligus dapat mendorong sektor pariwisata khususnya di wilayah Sumatera Utara,” papar Ahmad Luthfi.

Dengan kombinasi pengawasan ketat dan pelayanan optimal, Bea Cukai Belawan berusaha menjaga keseimbangan antara fungsi pengawasan dan pelayanan. Kedua aspek ini dilaksanakan secara beriringan untuk mencapai hasil yang optimal dan sesuai dengan ekspektasi para stakeholder, serta memastikan keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button