Viral

Peringatan HUT RI ke-77, Perlu Ada Restorasi Kepemimpinan

Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 harus dijadikan landasan untuk melihat dan merenungkan kembali sejarah kemerdekaan.

Ketua Institut Harkat Negeri (IHN) Sudirman Said melihat ada degradasi dalam memaknai semangat kemerdekaan saat ini.

“Sekarang, untuk generasi kita, mungkin ini hanya dibaca sebagai teks saja. Tapi kita coba bayangkan pada saat ini dibuat, pembukaan Undang-Undang Dasar kita itu, vision statementnya adalah keadilan sosial,” kata Sudirman kepada wartawan, Rabu (17/8/2022).

Menurutnya, pertumbuhan negeri tak bisa hanya dilihat dari pembangunan fisik saja.

“Perlu restorasi semangat kepemimpinan, supaya ke depan enggak hanya mengejar pembangunan fisik, kuantitatif, tapi kualitatif juga,” ungkapnya.

Unsur kualitatif yang mesti dibangun antara lain aspek sosial, hukum, dan politik. Bagaiamana pemimpin ke depan dapat menggerakkan kerukunan sosial yang lebih komprehensif.

“Kalau bisa, kita mendorong proses politik ke depan harus dijadikan perlombaan kebaikan,” kata dia.

Menurut Sudirman, banyak peninggalan positif warisan tujuh presiden sejak Soekarno. Termasuk, hal-hal yang mesti diperbaiki.

Dia ingin calon pemimpin mengambil pelajaran dari kepemimpinan presiden terdahulu. Sehingga, kepemimpinan ke depan dapat lebih baik.”Jadi bukan memihak kepentingan kelompok,” kata Sudirman.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button